Lagi, Bangsal Perawatan RSUD Kabelotapura Terendam Lumpur

0
290

DONGGALA, beritapalu | Untuk ketiga kalinya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabelotapura Donggala terendam lumpur. Kali ketiga ini terjadi Selasa (22 Januari 2019) malam, saat hujan deras mendera.

Petugas membersihkan lumpur yang merendam bangsal Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabelotapura, Donggala, Sulawesi Tengah, Selasa (22/1/2019). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

Setidaknya tiga bangsal yang digunakan sebagai tempat perawatan pasien tergenang air dan lumpur. Letak ketiga bangsal tersebut berada di bagian belakang pada posisi yang lebih rendah dari gedung utama atau pelayanan.

Kontan saja sejumlah pasien yang sedang dalam perawatan dan keluarga yang menjaganya panik ketika air tersebut masuk ke ruangan.

Ester, salah seorang pasien mengaku, untung saja saat itu ada suaminya yang menjaganya. Sehingga ketika air masuk, langsung dipindahkan dari tempat tidur ke kursi roda dan kemudian di bawa lari ke tempat yang lebih tinggi.

Air bercampur lumpur itu memasuki tiap ruangan di bangsal-bangsal tersebut. Tak ayal lagi, sejumlah peralatan rumah sakit juga terdampak.

Puluhan pasien yang sedang menjalani perawatan di ketiga bangsal itu dievakuasi ke ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang tereltak di bagian depan dan berada di tempat yang lebih tinggi.

Menurut salah seorang petugas, beberapa dari pasien yang dievakuasi tersebut tidak mau lagi di rawat di rumah sakit tersebut karena risiko banjir lumpur seperti itu. Beberapa di antaranya meminta agar dirujuk ke rumah sakit yang ada di Palu, ibu kota provinsi Sulawesi Tengah.

Sementara itu, sejumlah perawat dan tenaga medis bahu membahu membersihkan lumpur di ketiga bangsal tersebut.

“Baru sebagian ruangan yang kami bersihkan, karena habis air. Mudah-mudahan BPBD bisa membantu menyediakan air agar ruangan yang masih terendam dapat dibersihkan dan pelayanan pasie bisa berjalan kembali,” ujara perawat tersebut.

Beberapa tahun lalu, rumah sakit ini juga diterpa hal serupa, tepatnya pada 2014 dan 2017. Kali ini, tidak separah dua hal serupa sebelumnya.

Selain karena tempatnya berada di bagian bawah yang rendah, lokasi bangsal itu tepat bersebelahan dengan pagar tembok yang sudah ambruk akibat terjangan banjir dari sungai yang meluap di sebelahnya. (afd)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here