Dana Stimulan Perbaikan Rumah Segera Dicairkan

0
605

PALU, beritapalu | Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola memastikan bahwa dana stimulan untuk perbaikan rumah terdampak bencana di Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala, dan Parigi Moutong akan dicairkan dalam tiga bulan mendatang.

Warga membangun kembali rumah di lokasi bekas likuifaksi di Kelurahan Balaroa, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (11/12/2018). Meskipun pemerintah setempat melarang membangun kembali di area bekas likuifaksi karena berada di zona “merah” bencana, namun warga tetap melakukan pembangunan dengan alasan tidak memiliki lahan lain dan tidak kebagian hunian sementara. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

Selain stimulan perbaikan rumah, pemerintah juga akan mencairkan santunan kematian. Hal itu menjadi prioritas pemerintah dalam pemulihan pascabencana di Sulteng pada tahun ini.

“Semua pekerjaan ini ada di tingkat pemerintah kabupaten dan kota,” kata Gubernur Longki dihubungi Kabar Sulteng Bangkit, Jumat 11 Januari 2019.

Besaran dana stimulan dan santunan kematian, kata dia, sama dengan korban bencana di Nusa Tenggara Barat dan sesuai pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat rapat kordinasi penanganan bencana di Palu 12 November 2018.

Dana stimulan untuk perbaikan rumah dibagi menjadi tiga jenis. Yakni dana stimulan untuk rumah dengan kriteria rusak berat sebesar Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta dan rusak ringan Rp10 juta.

Penerima dana stimulan itu, kata Gubernur, adalah sesuai data akhir yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Gubernur pada 7 Januari 2019. Berdasarkan SK itu, total rumah rusak berat sebanyak 30.148 unit, rusak sedang 26.122 unit dan rusak ringan 40.085 unit.

Sedangkan untuk santunan kematian sebesar Rp 15 juta. Namun menurut Gubernur, santunan kematian bisa dicairkan sepanjang data korban meninggal telah sesuai termasuk ahli warisnya.

Total jumlah korban meninggal per 7 Januari 2019 sebanyak 2.657 jiwa dan korban dikubur massal 1.016 jiwa.[KabarSultengBangkit]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here