Pedagang Pantai Talise akan Direlokasi ke Hutan Kota

0
326

PALU, beritapalu | Pemerintah Kota Palu sedang menyiapkan kawasan hutan kota di Kecamatan Mantikulore untuk para pedagang dari pesisir pantai Talise.

Kondisi Pantai Talise Teluk Palu pasca disapu gelombang tsunami. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

Walikota Palu, Hidayat, mengatakan, pemkot sudah dapat bantuan lampu serta 300 unit lapak dari BUMN bagi pedagang yang biasa berjualan di Pantai Talise.

“Kalau sudah siap, secepatnya pedagang akan kami relokasi,” kata Hidayat, Kamis (3 Januari 2019).

Relokasi pedagang Pantai Talise itu menyusul penetapan peta Zona Rawan Bencana oleh pemerintah. Dalam peta itu, kawasan pesisir dan likuefaksi ditetapkan sebagai zona merah alias zona terlàrâng.

Pemerintah Kota Palu mengimbau masyarakat tidak lagi beraktivitas di zona merah tersebut seperti di sepanjang pesisir Pantai Talise, Taman Ria, bekas likuifaksi Balaroa dan Petobo serta jalur-jalur patahan.

Pemkot sudah menyebarluaskan himbauan itu baik melalui spanduk maupun lewat media massa.

“Saya meminta agar masyarakat mematuhi ketentuan yang sudah ditetapkan pemerintah karena itu dibuat demi kepentingan dan keselamatan warga Palu,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Tengah H Longki Djanggola juga mengimbau agar masyarakat tidak lagi beraktifitas di zona merah.

“Kalau saya meminjam pernyataan Pak Jusuf Kalla (Wakil Presiden), haram hukumnya untuk kembali ke area yang sudah dinyatakan terlarang. Jadi kita minta dengan sangat agar masyarakat mematuhi ketentuan yang sudah dikeluarkan,” kata Longki Djanggola saat melakukan peninjauan Huntara Gawalise, Rabu sore, 2 Januari 2019.

Belakangan, sejumlah pedagang telah membuka lapak di pesisir Teluk Palu. Mereka membuka dagangan menjelang sore hingga malam hari.

Beragam dagangan dijajakan bagi pengguna jalan yang melintas maupun warga yang memang sedang berjalan-jalan di kawasan pantai. Mulai kacang rebus, jagung bakar, dan aneka minuman ringan. (KabarSultengBangkit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here