KPKP-ST Bantu Alat Produksi Usaha Ekonomi Alternatif Pascabencana di Sigi

0
80

SIGI, beritapalu  | Kelompok Perjuangan Kesetaraan Perempuan Sulawesi Tengah (KPKP-ST) memberi bantuan alat produksi usaha ekonomi kreatif kepada sejumlah korban bencana di Kabupaten Sigi, Sualwesi Tengah, Jumat (28 Desember 2018).

Bupati Sigi Irwan Lapata (tengah belakang) berfoto bersama pengurus KPKP-ST dan para perempuan penerima bantuan alat produksi di Desa Kaleke, Sigi, Jumat (28/12/2018). (Foto: KPKP-ST)

Bantuan alat-alat produksi usaha kelompok perempuan ini adalah hasil kerjasama antara KPKP-ST, Yayasan Danamon Peduli dan Pemkab Sigi. Penyerahan bantuan  dilaksanakan di kantor Camat Dolo Barat yang terletak di Desa Kaleke.

Bupati Sigi Irwan Lapata didampingi Kepala Dinas Perindakop Kabupaten Sigi, Camat Dolo Barat,  Kepala Desa Jono,  Kepala Desa Rarampadende,  Kepala Desa Bobo, dan Kepala Desa Balumpewa menyerahkan langsung bantuan tersebut kepada kelompok usaha perempuan dampingan KPKP-ST.

Bantuan yang diberikan adalah peralatan usaha pengolahan minyak kelapa, atau sering disebut minyak kelapa kampung kepada kelompok usaha di Desa Rarampadende. Sedangkan untuk kelompok usaha Deas Balumpewa berupa alat usaha dodol Kelapa muda, dan peralatan pembuatan keripik pisang untuk Desa Bobo, usaha perempuan minyak goreng untuk Desa Jono Kecamatan Dolo Selatan.

“Hari ini saya perintahkan langsung kepada Kepala Dinas Perindokop untuk Segera mengurus perizinan usaha secara gratis tanpa berbelit-belit,” tegas Bupati Sigi dalam sambutannya.

Ia berahrap, masyarakat di Kabupaten Sigi harus berani kembali bangkit dari situasi saat ini. Ia juga menyatakan, pemerintah tidak akan pernah meninggalkan masyarakatnya karena semua ini menjadi tanggung jawab bersama.

Salah satu anggota kelompok usaha perempuan asal Desa Rarampadende, Musria menyampaikan rasa syukurnya karena dengan adanya bantuan alat produksi ini sangat membantu masyarakat khususnya perempuan untuk menopang ekonomi keluarga.

“Kami sangat bersyukur dan berterimakasih kepada KPKP ST,  Yayasan Danamon Peduli dan tentunya Pemerintah Kabupaten Sigi karena dengan alat-alat ini kami tidak lagi mengolah minyak goreng kelapa secara manual dan bisa berusaha menghasilkan produksi yang lebih banyak, dan semoga nantinya hal ini juga bisa membantu perempuan yang ada di desa lainnya,” ungkap Musria.

Penyerahan alat-alat produksi usaha ekonomi alternatif berikutnya juga akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Lindu Kabupaten Sigi bagi kelompok usaha perempuan yang ada di Lima Desa yakni Desa Puro’o, Desa Langko,  Desa Tomado,  Desa Anca dan Desa Olu.  Dengan berbeda-beda seperti anyaman tikar dan Kopi Kemasan.

Sekjen KPKP-ST, Soraya Sultan mengungkapkan, sejak berdiri tahun 2000 lalu KPKP-ST selalu mendedikasikan diri di berbagai wilayah termasuk di Kabupaten Banggai, Kabupaten Poso, Donggala dan Kabupaten Sigi.

Berbagai aktifitas pendampingan dan perlindungan dalam membangun keadilan sosial, penegakkan hukum serta pemenuhan hak asasi manusia di wilayah pedesaan khususnya bagi perempuan di sektor buruh dan petani adalah fokus utamanya.(afd/*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here