DPRD Sulteng Bentuk Pansus Pengawasan Pascabencana

0
68

PALU, beritapalu | DPRD Sulawesi Tengah dalam sidangnya yang dipimpin Aminuddin Ponulele dan Muharram Nurdin,Senin (3/12/2018) menetapkan untuk membentuk Panitia Khusus (Pansus) Pengawasan Pascabencana.

Warga terdampak bencana menunggui anaknya yang tertidur di pos kompleks Hunian Sementara (Huntara) Desa Lolu, Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu (5/12/2018).(Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

Pansus itu diketuai Yahdi Basma dari Fraksi NasDem yang terpilih secara aklamasi. Hj Verawati Rompas dan Zainuddin Tambuala masing-masing ditetapkan sebagai wakil ketua dan sekretaris.

Pansus itu diberi tugas untuk mengawasi seluruh rangkaian kinerja eksekutif dalam melaksanakan tahapan pascabencana sebagaimana diatur dalam Undang-undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana Alam dan penjabarannya dlm PERDA No. 2 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Sulawesi Tengah.

“Iya, panduan kerja Pansus tentu menjadikan minimal kedua regulasi normatif itu sebagai neraca dalam rangka pengawasan, dan secara operasional tentu Pansus berlandas pada mekanisme yang diatur dalam Tatib DPRD sebagaimana mandat paripurna”, kata Yahdi Basma usai rapat.

Saat ini, Pemerintah telah menyelesaikan Rencana Induk pemulihan dan pembangunan kembali pascabencana (rehabilitasi-rekonstruksi). Mobilisasi pembiayaan juga sedang dikonsolidasikan.

Untuk memastikan tahap ini bisa berjalan efektif tanpa korupsi, tepat sasaran dan berbasis partisipatoris sebagaimana prinsip UU, maka kehadiran Pansus ini menjadi relevan, sebut Yahdi Basma. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here