Dinilai Peduli Bencana, Radio Nebula Raih Award

0
81

MAKASSAR, beritapalu | Stasiun Radio Nebula FM Palu diberikan penghargaan khusus atas kepeduliannya saat bencana gempa 7,4 Magnitudo disusul tsunami dan likuifaksi melanda Palu, Sulawesi Tengah 28 September 2018 lalu.

Penyerahan penghargaan kepada Radio Nebula oleh KPID Sulsel, Kamis (29/11/2018) di Makassar. (Foto: Istimewa)

Penghargaan diberikan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan pada malam penganugerahan KPID Sulsel Award 2018 yang akan digelar di Trans Studio Makassar, Kamis (29/11/2018).

Ketua Komisioner KPID Sulsel, Mattewakkan mengatakan meski tidak beroperasi di Sulawesi Selatan, Nebula FM pantas diganjar penghargaan.

Pasalnya, kata dia, stasiun radio itu menjadi lembaga penyiaran yang paling cepat beraktifitas setelah bencana menerjang Kota Palu dan sekitarnya.

“Aktifitas penyiaran yang dilakukan menjadi sangat bermanfaat dalam pemberian bantuan dan pencarian korban. Keadaan di Palu saat itu sangat minim mekanisme penyebaran informasi sehingga aktifitas Nebula FM tersebut menjadi sangat penting,” jelasnya.

Sebagai salah stasiun radio yang berpusat di Kota Palu, Nebula FM memiliki peranan penting usai bencana meluluhlantakkan Palu, Sigi, dan Donggala pada 28 September lalu. Terutama dalam hal memberikan informasi.

Tokoh masyarakat setempat, Erick Tamalagi yang menjadi saksi bagaimana anak-anak Nebula FM bekerja, mengatakan kantor Radio Nebula FM yang juga terkena dampak bencana kembali mengudara pasca gempa pada 7 Oktober.

“Begitu mengudara, Radio Nebula bekerjasama dengan First Respon Indonesia Radio. Mereka menjembatani informasi antara pengungsi dan relawan terkait kebutuhan pengungsi, titik-titik pengungsi serta informasi masyarakat tentang anggota keluarga yang belum ditemukan,” cerita Erick, Jumat (23/11/2018).

Pada saat bersamaan, lanjutnya, Nebula FM juga menjembatani kebutuhan informasi akan hal-hal penting terkait tanggap bencana melalui talk show interaktif bersama pihak-pihak yang berkompeten. Seperti BMKG, BPBD, dan Pemerintah Daerah.

“Beberapa nara sumber dalam talkshow juga bersifat perorangan membagi pengalaman mereka saat berada di titik-titik pengungsian yang susah terpantau,. Hal ini tentu sangat membantu penyaluran bantuan,” tandasnya.

Penghargaan KPID Sulsel ke Radio Nebula Palu, diserahkan langsung oleh Komisioner KPI Pusat sekaligus Kordinator Wilayah Sulawesi. (wan/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here