Bantu Rehabilitasi Pascagempa Sulteng, DSLNG Hibahkan Rp2 Miliar

0
198

JAKARTA, beritapalu | Untuk membantu rehabilitasi pascabencana gempa, tsunami, dan likuefaksi  yang menimpa wilayah Sulawesi Tengah, PT Donggi-Senoro LNG (DSLNG) memberikan hibah donasi sebesar Rp2 miliar kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

Direktur Urusan Korporasi DSLNG Aditya Mandala menyerahkan secara simbolis hibah donasi untuk rehabilitasi pasca gempa kepada Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Selasa (27/11/2018) di Jakarta. (Foto: Humas DSLNG)

Penyerahan secara simbolis sekaligus penandatanganan hibah donasi tersebut dilaksanakan Selasa (27/11/2018) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta oleh Direktur Urusan Korporasi DSLNG Aditya Mandala kepada Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.

Dalam pengantarnya, Aditya Mandala mengemukakan, DSLNG sejak awal turut terlibat dalam penanganan bencana.

“Begitu gempa terjadi kami langsung membentuk tim untuk diterjunkan ke lokasi dan membantu selama masa tanggap darurat dan transisi. Donasi ini adalah fase ketiga, yang kami harapkan dapat mendukung pemerintah di masa rehabilitasi, utamanya  untuk pembangunan kembali fasilitas publik,” ujar Aditya.

Selama masa tanggap darurat, tim DSLNG yang antara lain terdiri atas dokter, paramedik, dan relawan karyawan antara lain mendirikan posko tanggap darurat dengan mengoperasikan Puskesmas Sangurara di Palu Barat, memberikan layanan kesehatan kepada sekitar 1.500 warga Palu, Sigi, dan Donggala, yang terdampak berncana, termasuk yang berada di pelosok yang sulit dijangkau, memberikan vaksin anti tetanus kepada sekitar 300 petugas evakuasi dan jurnalis peliput bencana, serta menyalurkan bantuan logistik donasi karyawan DSLNG.

Dukungan berlanjut hingga di masa transisi dengan penyaluran bantuan peralatan sekolah bagi para siswa di sekolah-sekolah darurat, serta persiapan sumur bor dan fasilitas air bersih. Untuk penyediaan fasilitas air bersih, DSLNG bekerja sama dengan beberapa pihak, antara lain Badan Geologi Kementerian ESDM dan PT Elnusa.

“Rencana ada 11 sumur bor yang akan dibuat,” ujar Aditya.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menyambut baik dukungan yang diberikan DSLNG kepada masyarakat Sulawesi Tengah.

“Kami berterima kasih kepada DSLNG dan seluruh pihak yang telah membantu penanganan pasca gempa maupun pemulihan, masyarakat Sulteng sudah mulai bangkit. Kita sedang mengejar target penyelesaian huntara,” ujar Longki. (wan/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here