Jangan Ragu! Jembatan Palu I Masih Laik Dilalui

0
114

PALU, beritapalu | Warga diimbau agar tidak ragu lewat di Jembatan Palu I, karena berdasarkan hasil pengujian oleh Balan Jalan Nasional (BJN) Kemnterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Rabu, (21/11/2018) malam, jembatan itu masih sangat laik dilalui.

Sejumlah petugas dari Balai Jalan Nasional Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pengujian kelaikan Jembatan Palu I di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (21/11/2018) malam. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

Kepala Satuan Kerja SKPD-TP Sulteng Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XIV Palu, Rahmudin Loulembah menjelaskan, setelah dilakukan pengujian pembebanan dengan menggunakan empat truk yang seluruhnya mengangkut beban 85 ton, diketahui lendutan pada jembatan tertua di Palu itu masih berada jauh di atas ambang toleransi.

“Batas toleransi maksimal adalah pada lendutan di bawah 4,375 centimeter. Tapi setelah dilakukan pembebanan, lendutan yang terjadi hanya 7 milimeter atau tidak sampai satu centimeter,” jelas Rahmudin.

Dengan hasil seperti itu, maka jembatan tersebut dinyatakan masih sangat aman untuk dilalui.

Hasil ini sekaligus menepis rumor yang beredar seolah-olah jembatan tersebut tidak aman lagi dilewati karena terjadi penurunan atau pergeseran setelah terjadi gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter pada 28 September 2018.

“Kalau lendutan jembatan setelah diberi beban seperti itu berada di bawah batas ambang itu, maka itu baru tidak aman. Tapi faktanya kan, masih sangat jauh,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, jembatan tersebut diuji kelaikannya terkait kekuatiran sejumlah warga untuk melintasinya. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here