Balai Jalan Nasional Uji Kelaikan Jembatan Palu I

0
174

PALU, beritapalu | Balai Jalan Nasional (BJN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pengujian kelaikan Jembatan Palu I yang terletak di jalan yangmenghbungkan Jalan Gajah Mada dan Jalan Sultan Hasanuddin Palu, Rabu (21/11/2018) malam.

Sejumlah petugas dari Balai Jalan Nasional Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pengujian kelaikan Jembatan Palu I di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (21/11/2018) malam. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

Pengujian yang mengakibatkan penutupan jalan sejak pukul  21.00 Wita itu dimaksdukan untuk memastikan kelaikan jembatan tersebut dilalui kendaraan pascagempa.

Pengujian dilakukan dengan metode pembebanan. Sedikitnya empat truk yang masing-masing bermuatan paling sedikit 20 ton dibiarkan berhenti di jembatan tersebut. Petugas melakukan pencatatan kondisi jembatan sebelum truk tersebut melintas di jembatan.

Satu demi satu truk dibiarkan lewat dan berhenti di jembatan yang memiliki tiga bentangan tersebut. Kemudian, setiap truk yang membebani jembatan dicatat oleh petugas, yakni tingkat penurunan yang terjadi akibat beban truk di jembatan tersebut.

Kepala Satuan Kerja SKPD-TP Sulteng Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XIV Palu, Rahmudin Loulembah menjelaskan, setiap truk yang melintas di jembatan tersebut berhenti selama 15 menit untuk diketahui perubahan yang terjadi di jembatan.

Proses itu diperkirakan akan memakan waktu hingga enam jam. Hingga berita ini diturunkan, proses pengujian berlangsung. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here