Koalisi Rumah Bersama Relawan Bangun Kampung Gusdurian di Sidera

0
376

SIGI, beritapalu | Koalisi relawan yang tergabung dalam Rumah Bersama Relawan membangun Hunian Sementara (Huntara) yang diberi nama Kampung Gusdurian di Desa Sidera, Sigi, Sulawesi Tengah.

Sejumlah anak bermain di kawasan Hunian Sementara (Huntara) yang diberi nama Kampung Gusdurian di Desa Sidera, Sigi, Sulawesi Tengah, Senin (12/11/2018). Huntara yang dibangun oleh koalisi relawan yang tergabung dalam Rumah Bersama Relawan Gusdurian Indonesia dan sejumlah organisasi kemanusiaan dan dilengkapi dengan sarana bermain anak dan musala itu untuk membantu warga yang kehilangan tempat tinggal akibat bencana likuifaksi di Desa Jono Oge, Sigi 28 September 2018 lalu. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

Koalisi relawan tersebut antara lain Gusdurian Indonesia, UPN Veteran Fjogja, Kappalla Indonesia, Komnas HAM Sulteng, Pramuka Peduli Bencana, Pusat studi managemen bencana UPN Veteran Djogja, Detasemen 87, Search and Rescue 851, Vidianista, Laskar Hijau.

Koordinator koalisi Rumah Bersama Relawan Dedi Askary mengatakan, huntara yang dibangun itu berjumlah 40 unit, 20 unit di antaranya telah seleasi dibangun dan bahkan ditempati sejumlah warga yang kehilangan tempat tinggal akibat bencana gempa dan likuifkasi di Desa Jono Oge 28 Septemebr 2018 lalu.

Menurut Dedi, pembangunan huntara itu menggunakan konsep pelibatan masyarakat setempat, mulai dari perencanaan, penentuan desain, bahan baku, luasan, hingga proses pembangunan huntara  itu sendiri.

Huntara Kampung Gusdurian itu sendiri tidak hanya dalam bentuk hunian, namun juga dilengkapi dengan berbagai  sarana seperti MCK, listrik dan sanitasi lingkungan. Juga dilengkapi dengan musala dan taman belajar anak. Uniknya, huntara itu dihiasi dengan aneka mural di dindingnya.

Sebelum proses pembangunan dilakukan dan untuk kepentingan terjaminnya rasa aman Rumah Bersama Relawan mendatangkan ahli geologi dan kebencanaan untuk memeriksa kelayakan dan keamanan lokasi dan struktur tanah. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here