Prihatin, Warga Perancis Bantu Korban Bencana di Sulteng

0
205

PALU, beritapalu | Warga Perancis ikut prihatin dengan bencana gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi yang melanda Palu, Sigi, dan Donggala pada 28 September 2018 lalu.

General Secretary of Our Administrative Counsel Secours Populaire Francais (SPF) Henriette Steinberg (kiri) berpelukan dengan korban gempa usai menyerahkan bantuan di Kelurahan Duyu, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (2/11/2018). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

Sebagai bentuk keprihatinan itu, warga Perancis melalui Secours Populaire Francais (SPF) – sebuah organisasi nirlaba bermarkas di Perancis-  memberikan bantuan kepada warga yang terdampak bencana itu, antara lain tenda, sembako, dan alat penyuling air langsung minum.

Penyerahan bantuan itu dilakukan di salah satu titik pengungsian, yakni di Kelurahan Duyu, Palu, Jumat (2/11/2018).

“Kami terkejut mendengar bencana yang dahsyat ini. Dan tentu saja kami sangat berempati terhadap korban, terutama saudara kita yang kehilangan anggota keluarga dan tempat tinggal,” ujar Ismail Hassouneh, National Secretary SPF di sela-sela penyerahan bantuan terebut.

Menurutnya, jumlah bantuan yang diberikan mungkin belum mencukupi dibanding banyaknya orang-orang yang terdampak. Namun satu hal kata Ismail Hassouneh yang pada kesempatan itu datang bersama Henriette Steinberg, General Secretary of Our Administrative Counsel, mereka peduli.

“Kami melihat, begitu banyak orang yang terdampak, mereka sulit mengakses air bersih, terutama air minum, mereka juga butuh makanan dan tempat untuk bernaung sementara karena rumahnya hancur,” imbuh Henriette Steinberg.

Penyerahan bantuan itu juga dihadiri Lurah Duyu, Nurdin dan sejumlah perangkat desa bersama warga yang terdampak.

Sebelum penyerahan bantuan, tim SPF mendemonstrasikan cara penggunaan alat penyuling air langsung minum dan bahkan memperlihatkan dari wadah air yang kotor dan setelah  melalui penyaringan bisa langsung diminum.

“Kami tak tahu harus berucap seperti apa untuk menyatakan rasa terima kasih ini. Kami benar-benar terbantu dengan bantuan dari SPF ini. Hanya terima kasih yang bisa kami sampaikan, dan tentu saja ucapan ‘hebat’ untuk warga Perancis yang telah jauh-jauh datang untuk menengok dan membantu kami di pengungsian ini,” ujar seorang warga.

Bantuan SPF itu didistribusikan di tiga titik masing-masing di pengungsian Duyu, Balaroa ; pengungsian Sidera, Jono Oge ; dan Pengungsian Kabobona, Sigi. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here