Satgasgabpad Laporkan Jumlah Korban Berhasil Dievakuasi 2.088 Orang

0
536

PALU, beritapalu | Satuan Tugas Gabungan Penanggulangan Bencana (Satgasgabpad) gempa bumi dan tsunami Sulteng melaporkan, hingga Jumat (12/10/2018) jumlah korban meninggal yang berhasil dievakuasi sebanyak 2.088 orang.

Seorang ayah menggandeng tangan anaknya berlari menghindari reruntuhan bangunan saat terjadi gempa susulan di Kelurahan Pengawu, Palu, Sabtu (29/9/2018). Sehari sebelumnya, yakni Jumat (28/9/2018, gempa berkekuatan 7,4 SR mengguncang Kota Palu, Donggala dan Sigi yang mengakbatkan kerusakan dan gelombang tsunami dan likuifkasi. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

Sedangkan jumlah korban yang tidak ditemukan, hilang dan tertimbun di sejumlah lokasi seperti Perumans Balaroa, Petobo, Jono Oge, dan SIbalaya, hingga saat ini belum diketahui jumlahnya.

Meski demikian, sejumlah lembaga kemanusiaan yang terjun langsung dalam upaya evakuasi dan pencarian memperkirakan, jika diakumulasi jumlahnya tidak kurang dari 6.000 orang.

Sementara itu, Satgasgabpad juga melaporkan, korban luka-luka akibat bencana gempa, tsunami dan likuifaksi mencapai 4.612 orang yang bisa ditangani di sejumlah rumah-rumah sakit di Palu.

Dilaporkan pula, rumah dan bangunan yang rusak katagori berat, sedang dan ringan berdasarkan pendataan sementara mencapai 68.451 unit. Sedangkan jumlah pengunsi yang berhasi didata mencapai 78.994 orang.

Sesuai rapat koordinasi Satgasgabpad yang dipimpin Gubernur Sulteng pada Kamis (11/8/2018), proses evakuasi korban dihentikan per Kamis (12/8/2018). Meski demikian, tanggap darurat masih terus berlangsung hingga dua pecan ke depan atau hingga 26 Oktober 2018 mendatang.

Dalam rapat koordinasi itu ditetapkan pula bahwa lokasi Perumnas Balaroa. Petobo dan Jono Oge  akan dijadikan Memorial Park atau tempat bersejarah dan Ruang Terbuka Hijau. Di tempat itu juga akan dibangun monumen untuk mengenang para korban.

Khusus untuk penanganan pengungsi akan difokuskan pada pemenuhan kebutuhan pokok dan penyediaan Hunian Sementara (Huntara). (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here