Akses Ke dan Dari Pipikoro Terbuka Penuh Dalam 5 Tahun Mendatang

Warga mengendarai sepeda motor di Desa Banasu, Kecamatan Pipikoro, Kabupaten Sigi, Senin (10/8/2018). Saat ini, untuk bisa menjangkau wilayah Kecamatan Pipikoro, satu-satunya alat transportasi yang bisa digunakan adalah sepeda motor. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

SIGI, beritapalu | Bupati Sigi Irwan Lapata menargetkan, setidaknya dalam lima tahun ke depan, akses dari dan ke Kecamatan Pipikoro sudah terbuka penuh.

Hal itu dinyatakannya saat menutup kegiatan Peduli Day yang digealr oleh Karsa Institute yang dirangkai dengan Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) Kecamatan Pipikoro, Kabupaten Sigi yang dipusatkan di Desa Banasu, Senin (10/8/2018).

“Saat ini memang Kecamatan Pipikoro terbilang terisolasi, jalan untuk menjangkau wilayah ini sangat sulit. Tapi Insya Allah, paling tidak dalam lima tahun ke depan, infrastruktur jalan menuju dan dari wilayah ini sudah terbuka penuh,” sebut Irwan dalam sambutan penutupannya yang disambut aplaus warga yang memadati Balai Desa Banasu.

Menurut Irwan, membuka akses di wilayah Kabupaten Sigi di  bagian Selatan itu tidak mudah dan tidak bisa secepatnya. Begitu banyak kendala, terutama topografi wilayah dan terbatasnya anggaran.

“Anda yang sudah pernah ke Pipikoro ini tentu sudah tau bagaimana sulitnya medan. Bukan itu saja, APBD Kabupaten Sigi sangat terbatas. Walau begitu, kami tidak patah semangat. Tahun ini kami menganggarkan lebih dari Rp10 miliar untuk pembukaan jalan tembus ke Kalamanta menuju Seko di Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Irwan juga mengaku sedang mencari dukungan pembiayaan infrastruktur jalan tersebut, baik di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional.

“Doakan kami saudara-saudara, agar usaha untuk membuka keterisolasian wilayah ini mendapat dukungan banyak pihak. Karena apa, potensi wilayah ini sangat besar dan jika akses sudah terbuka, kita berharap pergerakan ekonomi akan berdampak bagi kesejahteraan masyarakat,” pintanya.

Sebelumnya, Irwan bersama Wakil Bupati Paulina dan jajaran pemerintahannya, Ketua DPRD Sigi Rizal Intjenae beserta sejumlah anggotanya melakukan ekpedisi menembus rimba Pipikoro mengendarai kendaraan jeep dan motor trail untuk memastikan progress pembukaan jalan poros Gimpu-Kalamanta yang direncanakan tembus ke Desa Seko Sulawesi Selatan.

“Alhamdulilah progressnya sudah demikian maju, bahkan kita sudah menembus jalan rintisan itu, kita tinggal menunggu dari pihak sebelah (Seko) yang saat ini juga sedang menyelesaikan jalan rintisan itu. Insya Allah, dengan sokongan DPRD Sigi, kita kembali akan mengalokasikan dana agar jalan ini dapat segera dilalui,” sebutnya. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here