Ingin Efisien dan Aman Bertransaksi? Tukar Kartu ATM/Debit dengan Berlogo GPN

0
332

PALU, beritapalu | Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan kartu untuk bertransaksi secara nontunai bernama kartu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional). Kartu GPN ini adalah kartu debit yang memiliki logo berlambang garuda.

Ilustrasi Kartu Debit GPN

Kartu debit tersebut terkoneksi dengan sejumlah bank di antaranya Bank Mandiri, BNI, BRI ,BTN, BPD DIY, BCA, Bank Syariah Mandiri, CIMB Niaga, Bank Permata, dan menyusul sejumlah bank lainnya.

Kenapa harus berlogo GPN? Karena kartu GPN diharapkan dapat mendorong efisiensi dan memberi manfaat bagi masyarakat maupun perbankan.

Dikutip dari Bank Indonesia, sedikitnya ada lima manfaat dari penggunaan GPN. Di antaranya,  masyarakat dapat bertransaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia. Selain itu, masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar.

Masyarakat juga tidak akan dikenakan biaya transaksi oleh toko maupun merchant. Juga meningkatkan perlindungan konsumen dengan pengamanan data transaksi nasabah. Penggunaan kartu GPN juga akan menurunkan  biaya pemrosesan transaksi, sehingga biaya administrasi menjadi lebih mudah.

Masyarakat bisa menggunakan transaksi nontunai dengan biaya lebih murah dan lebih aman dengan satu kartu. Sehingga masyarakat tidak repot lagi mencari mesin EDC sesuai bank penerbit kartu debit agar bebas biaya transaksi

Dengan kartu GPN, masyarakat tidak perlu lagi mencari mesin EDC dari bank yang sama, karena semua kartu yang diterbitkan oleh penerbit domestik dapat ditransaksikan dengan satu mesin EDC.

Kartu GPN juga memberikan perlindungan pada nasabah lebih optimal karena telah mengaplikasikan fitur keamanan standar internasional chip dan PIN enam digit, sehingga keamanan data nasabah maupun transaksi lebih terjamin.

Saat ini, BI dan perbankan menggelar kampanye GPN dengan menyelenggarakan kegiatan pekan penukaran kartu berlogo GPN di sejumlah titik di wilayah Indonesia.

Dikutip dari finenace.detik.com, Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan masyarakat memiliki kesempatan untuk menukarkan kartu debit/ATM lamanya, dengan kartu debit berlogo GPN secara gratis.

“Masyarakat memperoleh kesempatan untuk menukarkan kartu ATM/Debet bank yang dimilikinya menjadi kartu berlogo GPN,” kata Mirza.

Untuk menukarkannya, masyarakat bisa langsung datang ke kantor cabang perbankan yang digunakan dan meminta untuk mengganti kartu lama dengan kartu berlogo GPN.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng juga mengatakan, pihaknya menargetkan 100 bank yang memiliki izin untuk menggunakan kartu berlogo GPN. Dengan begitu, masyarakat dan perbankan sama-sama mendorong pemanfataan kartu GPN.

BI juga akan memfasilitasi penukaran kartu debit atau ATM ke kartu GPN melalui program pecan penukaran kartu GPN. Untuk Kota Palu, dijadwalkan program penukaran tersebut berlangsung pada awal September 2018 mendatang. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here