Banbinsa Temukan Kayu Bantalan Siap Jual di Hutan Lindung

0
266

PARIGI MOUTONG, beritapalu | Personil Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 1306 Donggala, wilayah Kecamatan Tinombala Selatan bersama aparat desa setempat berhasil menggagalkan upaya penjualan kayu bantalan dari hutan lindung di Desa Khatulistiwa, Kecamatan Tinombala Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, Selasa (17/7 2018).

Sejumlah kayu yang diduga hasil illegal logging yang ditemukan Babinsa dan aparat desa di Desa Khatulistiwa, Kecamatan Tinombala Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, Selasa (17/7 2018). (Foto: Istimewa)

Komandan Kodim (Dandim) 1306 Donggala, Letkol Kav I Made Maha Yudhiksa S.Sos, M.M mengatakan, sejumlah Babinsa bersama aparat Desa saat mengetahui adanya ilegal loging yang berada di wilayah tersebut langsung menuju ke lokasi di Dusun 6, Desa Khatulistiwa untuk melakukan pengecekan, dan benar di lokasi itu petugas menemukan kayu yang telah di proses menjadi bentuk bantalan.

“Untuk mencegah penjualan kayu yang diduga diambil di wilayah hutan lindung, aparat TNI bersama bantuan aparat desa, bersama-sama membawa turun barang bukti tersebut untuk di amankan di Dantor Desa Khatulistiwa,” jelas Dandim.

Ia menyebutkan. jumlah kayu yang sudah berbentuk bantalan itu sebanyak 55 buah dan dari jenis Kayu Palapi, Kayu Dara-dara dan Kayu Siuri, dengan masing maing panjang 4 meter dengan lebar 25 – 40 cm.

“Saya mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan tindak kejahatan berupa penebang liar, apa lagi yang masuk dalam hutan yang dilindungi,” imbaunya.(edy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here