Home | Desak Ganti Rugi bagi Warga Tanjung Sari

Desak Ganti Rugi bagi Warga Tanjung Sari

PALU, beritapalu | Meskipun kasus Tanjung Sari Kabupaten Luwuk Banggai telah menunjukkan pembuktian atas kekeliruan penggusuran sepihak, dan pembatalan eksekusi  telah dijatuhkan, namun masalah tidak berakhir sampai disitu.

Pelaksanaan eksekusi lahan di Tanjung Sari, Kelurahan Karaton, Kecamatan Luwuk, Senin (19/3/2018). (Foto: radarsutlengonline.com/Steven Laguni)

Menurut Koordinator Front Solidaritas untuk Masyarakat Tanjung Sari Azman Asgar, masih ada hak-hak masyarakat yang harus dipenuhi oleh pemerintah baik provinsi maupun kabupaten setempat.

“Selain hak secara materil,  masyarakat tanjung sari juga butuh kepastian hukum atas mereka yang dengan semena-mena merampas dan menggusur paksa masyarakat Tanjung Sari dari tanah mereka sendiri,” sebut Azman.

Ia mendesak Mahkamah Agung (MA) untuk mengganti seluruh kerugian masyarakat Tanjung Sari yang telah tergusur. Ia juga mendeasak Komnas HAM untuk memproses mantan Ketua PN Luwuk Ahmad Yani untuk diadili di pengadilan HAM.

“Kamijuga mendesak Pemprov Sulteng dan Pemkab Banggai untuk melakukan pemulihan paska penetapan pembatalan eksekusi tahun 2017-2018,” sebutnya. (afd/*)

beritapalu.com | Portal berita online, mengabarkan Palu - Sulawesi Tengah dan sekitarnya...