Upayakan Respon Cepat, Basarnas Gelar Sosialisasi Deteksi Sistem Dini

0
129
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu Basrano memberikan sambutan pada pembukaan Sosialisasi Sitem Deteksi Dini, Kamis(19/7/2018). (Foto: Humas Basarnas Palu)

PALU, beritapalu | Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Kantor Palu menggelar kegiatan sosialisasi sitem deteksi dini, Kamis (19/7/2018). Kegiatan itu dihadiri unsur pelayaran dan penerbangan.

Kepala Kantor Pencaraian dan Pertolongan Palu Basrano saat membuka kegiatan itu menyatakan, sosialisasi ini penting sebagai wujud keseriusan pemerintah khususnya Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan terutama wilayah Sulawesi Tengah dalam rangka memberikan respon cepat dalam setiap kecelakaan yang terjadi baik pelayaran dan atau penerbangan.

Badan Nasional pencarian dan pertolongan katanya saat ini makin berkembang dengan dibangunnya salah satu stasiun penerima sinyal di bumi yang dikenal MEO LUT dengan kecepatan kurang dari 1 menit sinyal distres yang dipancarkan oleh alat yang emergency yang terpasang di kapal (EPIRB), pesawat (PLB)serta pesonal (PLB).

“Oleh sebab itu kami berharap pada penyelenggara pelayaran maupun penerbangan agar dapat meregistrasi alat tersebut,” sebut Basrano.

Sementara itu, Kasubdit Penyiapan Dukungan Komunikasi dan Sertifikasi Basarnas Moch. Hernantoyang membacakan sambutan Direktur Sistem Komunikasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan mengatakan, sosialisasi sistem deteksi dini ini adalah memberikan gambaran sistem deteksi dini yang dimiliki Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

“Saya mengajak semua komponen yang mempunyai radio beacon agar meregistrasikan radio beaconnya ke Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dengan meregistrasikan radio beacon secara tidak langsung memberikan data dukung dalam peningkatan respon time, dimana respon time merupakan hal yang sangat penting dalam usaha pencarian dan pertolongan,” jelasnya.

Ia berharap agar radio beacon yang dimiliki dapa segera diregistrasi sehingga Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan akan cepat mengetahui jenis kapal atau pesawat termasuk pemilik dan kontak person yang harus dihubungi bila radio beacon tersebut terdeteksi oleh sistem deteksi milik Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan sehingga usaha pencarian dan pertolongan dapat secara cepat, tepat, aman terpadu dan terkoordinasi.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 wita diikuti dengan antusias oleh peserta karena disadari bisa mempermudah mendapatkan bantuan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here