Penambangan Sirtukil Diduga Ilegal  Kembali Beroperasi di Desa Malulu

0
318
Area penambangan sirtukil yang diduga ilegal di Desa Malulu, Dondo, Tolitoli. (Foto: Jatam Sulteng)

TOLITOLI, beritapalu | Pertambangan pasir, batu dan kerikil  di Desa Malulu, Kecamatan Dondo, Kabupaten Tolitoli kembali beroprasi setelah beberapa pecan berhenti. Aktivitas pertambangan ini diduga ilegal karena tidak mengantongi izin dari Dinas Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Sulawesi Tengah ( DESDM ).

“Sesuai rilis surat dinas ESDM  pada tanggal 9 Mei 2018 dengan Nomor: 540/50.32 – Minerba/ DESDM,  Perihal Daftar Izin Usaha Pertambangan ( IUP ) Batuan s/d Maret 2018, baik IUP yang tahap eksplorasi maupun tahap Operasi Produksi tidak ditemukan satu IUP pun yang diterbitkan oleh DESDM Provinsi Sulawesi Tengah di Desa Malulu Kecamatan Dondo.   Sehingga kami menduga  aktivitas pertambangan tersebut illegal,” ungkap Eksekutif Kampanye dan Advokasi Jatam Sulawesi Tengah, Muh. Taufik, Sabtu (14/7/2018).

Dikatakan, dampak aktivitas perusahaan ini juga sudah mulai dikeluhkan oleh sebagian  masyaralat sekitar desa tersebut, Bahkan sepekan setelah lebaran Idul Fitri belum lama ini, pasokan air dari PDAM mati.

Matinya aliran air ini disebabkan karena banjir menghantam imtek (bak penyalur pertama) yang menyebabkan kerusakan bak dan beberapa pipa besar. Aco, warga Desa Malulu mengatakan, selama ini tidak pernah banjir, namun setelah beberapa bulan perusahaan tambang tersebut beroperasi, barulah terjadi banjir yang merusak.

Dampak lainnya dari aktivitas pertambangan adalah matinya pasokan air untuk pertanian. Selain karena banjir terjadi lebih besar dari sebelumnya, juga karena pasir telah menutup irigasi. Jalur air untuk ke persawahan terputus, sehingga di beberapa tempat kegiatan persawahan terhenti.

Ia meminta aparat penegak hukum khusunya Polres Tolitoli mengambil langkah tegas untuk menghentikan aktivitas pertambangan ilegal terebut yang sampai saat ini masih beroprasi.

Ia juga meminta pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, khusunya Dinas Energi Sumber Daya Mineral untuk tidak menerbitkan IUP Batuan  kepada perusahaan apapun di desa tersebut karena melanggar Perda Nomor 16 Tahun 2012 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Tolitoli Tahun 2012- 2031. (wan/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here