TIOF, Festival Internasional Pertama di Laut Togean

0
465

PALU, beritapalu | Sebuah festival berskala internasional bertajuk Togean International Oceanic Festival (TIOF) 2018 akan digelar di Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Unauna,  Sulawesi Tengah pada 7 – 11 Agustus 2018 mendatang.

Kepulauan Togean. (Foto : Badrun Black)

Koordinator Media untuk TIOF, Muhammad Qadry mengatakan, festival itu dirancang oleh konsultan festival internasional beken Indonesia, Lokaswara yang dakhodai Franki Raden.

Dalam festivalitu, sejumlah event bakal digelar seperti pertunjukkan world music, pesta kulinari seafood yang diramaikan dengan demo masak oleh chef Juna, workshop dan pesta layang-layang, yoga dan fashion show di tengah laut lepas, karnaval maritim; berbagai olahraga laut suku bajo, lomba fotografi, eco-friendly diving & coral reef planting dan seminar tentang taman laut Togian.

Festival itujuga akan dimeriahkan oleh sejumlah artis papan atas seperti Chris Berry (Pemenang Grammy), Andi Rif (bintang Rock Indonesia), Chantal Dewi (Dj Top Indonesia), Chef Juna yang sudah tidak asing lagi, Samuel Wattimena (Perancang Busana Top Indonesia), Grup Samulnori Han Bapeh Dari Korea, Ivan Nestorman (Penyanyi Balada Dari Flores), Nita Artsen Latin Band ; Ino Ensemble (Grup World Music Top Di Indonesia), Nona Ria (Grup Indie Top Dari Jakarta) / Hariyanti Pemenang Liga Dangdut Dari Ampana, Musik Krambangan Dari Poso, Sanggar Tari Kayori Dari Ampana, Musik Gambus Suku Bajo dari Kabalutan.

“TIOF juga mengundang khusus instruktur yoga Zeenea Latifa yang akan memberikan workshop yoga di atas panggung yang dibangun di tengah laut,” terang Qadry.

Ia mengatakan, TIOF 2018 adalah sebuah festival dunia yang pertama kali diadakan di dunia dengan panggung pertunjukkan dan tribun penonton di tengah laut.

“Datang dan saksikanlah pesta budaya laut internasional yang sangat unik dan meriah Ini. Penonton tidak dipungut bayaran namun tempat sangat terbatas!”

Ia mengajak masyarakat untuk menghadiri festival yang dipastikan akan meninggalka kesan tersendiri itu. Acara dimulai dari pagi pukul 07.00 Wita hingga malam hari. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here