JSI Pastikan Kemenangan Pasangan Tahajud di Pilkada Morowali

0
282
Direktur Riset Jaringan Suara Indonesia (JSI) Rudi Ruswandi (kiri) memberikan keterangan pers terkait Pilkada Morowali di Palu, Rabu (27/6/2018) sore. Hasil quick count yang dilakukan JSI memastikan kemenangan pasangan Tahajud dalam pilkada tersebut. (Foto: bmzIMAGES)

PALU, beritapalu | Jaringan Suara Indonesia (JSI), sebuah lembaga survei memastikan kemenangan pasangan Taslim – Najamudin (Tahajud) pada Pilkada Morowali yang digelar serentak pada Rabu (27/6/2018).

Kepastian itu disampaikan JSI melalui Manager Risetnya Rudi Ruswandi dalam konferensipers di Hotel SwissBel Palu, Rabu (27/6/2018) sore.

Rudi mengatakan, kesimpulan itu dibuat setelah dilakukan perhitungan cepat (quick count) yang mengambil sampel di 220 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 252 TPS di Kabupaten Morowali dan mencakup 88.888 pemilih.

“Data yang masuk sudah sampai 90 persen atau sekitar 198 TPS. Walau belum cukup 100 persen, namun hasil itu tidak cukup signifikan mempengaruhi perolehan suara masing-masing pasangan calon,” kata Rudi.

10 persen data yang belum masuk itu, sebagiannya berasal dari Kecamatan Menui Kepulauan yang karena keterbatasan jaringan sehingga terlambat masuk.

“Tapi sekali lagi, meski belum semuanya masuk, namun angka 90 persen itu sudah cukup untuk memastikan kemenangan pasangan Tahajud,” tegasnya.

Ia menguraikan, dari empat pasangan calon yang mengikuti pertarungan di Pilkada Morowali, pasangan nomor urut 1, yakni Taslim – Najamudin (Tahajud) meraih suara sebanyak 36,65 persen. Posisi kedua diraih oleh pasangan nomor urut 3 Syarifudin Hafid – Chairudin Zen (Sah) dengan persentase 28,14.

Posisi ketiga diraih oleh pasangan nomor urut 2 Ambo Dalle – Aminudin Awaludin (Adam Ber-Amal) dengan suara sebanyak 23,59 persen, lalu posisi keempat oleh pasangan nomor urut  5 Haris Nunu – Ismail Suaib (Harisma) dengan 7,66 persen, dan terakhir pasangan nomor urut 4 Silahudin Karim – Firdaus (Sinar) sebanyak 3,96 persen.

“Margin error dari quick count ini sebesar lebih kurang satu persen,” sebut Rudi lagi.

Rudi mengungkapkan, sesungghunya sebelum digelar Pilkada Morowali, pihaknya sudah melakukan survey. Survey itu menunjukkan bahwa memang pasangan nomor urut 1, yakni Tahajud memang lebih unggul dari pasangan lainnya.

“Hampir 95 persen warga mengenal pasangan tersebut,” imbuhnya.

Meski sudah memastikan pasangan Tahajud sebagai peraih suara terbanyak, namun Rudi tetap meminta agar yang menjadipatokan utama adalah hasil perhitungan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Morowali. (afd)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here