10 Fotografer Perempuan Palu Gelar Pameran Foto

0
290
Walikota Palu Hidayat (kiri) memerhatikan salah satu foto karya 10 fotografer perempuan yang dipamerkan di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (21/4) malam. Pameran foto yang diinisiasi oleh 10 fotografer perempuan asal Palu itu bertema Kekuatan Perempuan dan digelar dalam rangkaian peringatan Hari Kartini. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu | Memperingati Hari Kartini, 10 fotografer perempuan Palu menggelar pameran foto cerita (Photo Story) di Hotel Best Western Plus Coco Palu, Sabtu 21/4/2018). Pameran yang digelar selama dua hari hingga Minggu (22/4/2018) itu dibuka oleh Walikota Palu Drs Hidayat MSi.

Ketua Panitia Suzana Dorothea menyebut, pameran itu bercerita tentang kehidupan, perjuangan, ketangguhan, dan kearifan lokal perempuan-perempuan di Sulawesi Tengah yang dikemas secara visual foto.

Menurutnya, ketangguhan perempuan-perempuan yang tersirat pada setiap deretan foto cerita yang ditampilkan menjadi inspirasi bagi Kartini-kartini muda.

Ke-10 fotografer perempuan yang menampilkan hasil karyanya pada pameran tersebut masing-masing ; Suzana Dorothea, Nurul Istiqfari Rasyid, Nanda Adriana, Nur Mutia, Nurul Islami, Citra Nahrani, Ghea Aulia Mozi, Citra Dewi,
Andika Afrhyanti, dan Eva Friana.

“Ke-10 fotografer perempuan yang menampilkan hasil karyanya ini memiliki latar belakang yang  berbeda-beda. Mereka membidik sesuai sudut pandangnya tentang kekuatan perempuan,” ujar Suzana.

Ini 10 fotografer perempuan yang memamerkan hasil karyanya, Sabtu (21/4/2018). Mereka adalah Suzana Dorothea, Nurul Istiqfari Rasyid, Nanda Adriana, Nur Mutia, Nurul Islami, Citra Nahrani, Ghea Aulia Mozi, Citra Dewi, Andika Afrhyanti, dan Eva Friana. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

Walikota Palu dalam sambutannya mengapresiasi inisiatif ke-10 fotografer perempuan tersebut. Setidaknya menurut Hidayat, menjadi pembangkit semangat bagi generasi sekarang, terutama kaum perempuan tentang “the power of woman”.

“Ini mengingatkan masa-masa kecil saya tentang sosok perempuan. Perempuan adalah tulang punggung utama dalam aspek sosial, terlebih dalam keluarga. Ia tangguh dan kuat,” sebut Hidayat.

Menurut Hidayat, sangat banyak sisi perempuan di Tanah Kaili yang bisa dieksplor lebih jauh, sejauh ketangguhan yang sudah mengakar secara budaya dan ditunjukkan sejak masa lampau. Dan ia berharap, kegiatan itu tidak seelsai dengan berakhirnya pameran foto tersebut.

Selain pameran foto cerita, rangkaian kegiatan itu akan digelar Workshop, Photography Sharing dan Photography talk bersama Marrysa Tunjung Sari – Professional Photography – Editor in Chief inFlight magz Citilink. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here