Kodim 1306 Donggala Panen Raya Padi di Dampelas

0
173
Panen raya Kodim 1306 Donggala di Desa Karya Mukti, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala, Selasa (17/4/2018). (Foto: Ist)

DONGGALA, beritapalu | Kodim 1306 Donggala bersama pejabat dari Pemeritah Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Donggala, dan perwakilan dari Bulog Sulteng melaksanakan panen raya dan tatap muka bersama Kelompok tani Merta Sari Agung, Desa Karya Mukti, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala, Selasa (17/4/2018).

Komandan Kodim (Dandim) 1306 Donggala Letkol Kav I Made Maha Yudhiksa S.Sos.M.M kepada wartawan mengatakan, panen raya padi sawah dengan luas 2500 ha tersebut dilaksanakan untuk mensukseskan program Serap Gabah (Sergap) dan Program Luas Tambah Tanam ( LTT) agar dapat mendongkrak ketersediaan pangan di wilayah Kodim 1306 Donggala, yang ditargetkan pada tahun 2018, dapat menyerap sebanyak 20.000 ton. dari target Propinsi Sulteng sebesar 50.000 ton

“Mudah-mudahan dengan langsung turun kelapangan dengan melaksanakan panen raya, yang juga menghadirkan Bulog, semua target dapat tercapai,” ungkapnya.

Dandim juga berharap hasil panen di wilayah Kabupaten Donggala tidak di jual ke tengkulak atau pengusaha dari luar Kabupaten, apalagi luar Provinsi.

“Maka dari itu Kodim bersama Pemprov, Pemkab dan Dinas terkait serta Bulog Sulteng, mendampingi warga saat panen raya ini, dengan harapan gabah hasil panen ini klangsung di serap oleh Bulog Sulteng, dan Kegiatan panen raya tersebut dengan jenis padi varietas Mikoga, dengan luas hamparan 100 Ha, dengan perkiraan 6,01 ton/ Ha, diharapkan dapat mensukseskan program Serap Gabah (Sergap), Kodim 1306 Donggala,” harapnya.

Dalam kegiatan panen tersebut, Dandim 1306 Donggala beserta beberapa undangan lainya di perkenankan ikut memanen padi dengan menggunakan alat traktor yang di khususkan untuk memanen.

Setelah kegiatan panen raya, di isi juga sdengan tatap muka dengasn Kelompok Tani Merta Sari Agung, Desa Karya Mukti, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggal, untuk mendegarkan keluh kesah para petani, yang nantinya akan dapat diselesaikan bersama untuk kemajuan dan peningkatan hasil panen dan taraf hidup petani. (edy/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here