Morowali Utara Terbaik di Karnaval Budaya HUT ke-54 Sulteng

0
190
Tim Budaya asal Kabupaten Morowali Utara memainkan tari pada Karnaval Budaya di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (13/4/2018). Karnaval yang menampilkan seluruh budaya yang hidup dan berkembang di Sulawesi Tengah itu dilaksanakan dalam rangkaian peringatan HUT ke-54 Provinsi Sulawesi Tengah. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu | Tim budaya dari Kabupaten Morowali Utara berhasil menjadi penampil terbaik dalam karnaval budaya dalam rangka HUT ke-54 Provinsi Sulawesi Tengah yang digelar di Jalan Samratulangi, depan Kantor Gubernur Sulteng, Jumat (13/4/2018).

Kabupaten Morowali Utara menampilkan adat pernikahan khasnya yang diiringi dengan tetarian. Penampil terbaik kedua direbut oleh Kabupaten Morowali.

Meskipun karnaval itu hanya diikuti oleh 8 dari 13 kabupaten/kota di Sulteng itu, namun tidak mengurangi kemeriahan event tahunan Pemprov Sulteng itu.

Selain dinilai berdasarkan asal daerah, karnaval itu juga memberikan penilaian pada katagori peserta yang berasal dari kerukunan atau etnis. Kerukunan Bali merah juara terbaik kesatu, sedangkan kerukunan Jawa dan Palindo Bada masing-masing meraih terbaik kedua dan ketiga.

Di katagori pelajar, SMAN 4, SMA 4 dan SMK 1 Palu masing-masing meraih terbaik satu, dua, dan tiga yang menampilkan prosesi adat pernikahan suku Kaili.

Gubernur Sulteng Longki Djanggola yang membuka langsung karnaval budaya itu menyatakan apresiasinya terhadap para peserta yang mengikuti acara tersebut.

Menurutnya, keikutsertaan dalam acara itu menjadi gambaran kemauan dan semangat dalam membangun daerah dalam bingkai pluralisme.

Kerukuan yang sudah terjaga menurutnya hendaknya dijaga untuk kemajuan Sualwesi Tengah ke depan. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here