Menkominfo Minta KPI Fokus pada Siaran Media Internet

0
160

PALU, beritapalu | Peringatan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke 85 dipusatkan di Kota Palu, Sulawesi Tengah pada Minggu (1/4/2018). Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara berkenan hadir mewakili Presiden Republik Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Rudiantara meminta pada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) baik di pusat maupun daerah harus memperhatikan konten isi siaran, khususnya siaran di media internet.

Dari data Kemenkominfo, saat ini sudah 1100 stasiun televisi dan 1600 radio yang diterbitkan izinnya. Jumlah itu menjadi salah satu daerah yang izin siarannya banyak.

Rudiantara mengungkapkan, saat ini kepercayaan penonton ataupun pendengar radio sudah mulai berkurang dan lebih memilih media internet di banding media mainstream. Atas dasar itulah, KPI diminta tidak hanya fokus pada perizinan tetapi fokus pada konten yang bisa menjadi pemicu pelanggaran siaran.

Selain Menkominfo, dalam perayaan Harsiarnas ke 85 itu juga hadir Ketua Komisi Satu DPR RI, Kepala Deiisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, Ketua KPI Pusat, Gubernur Sulawesi Tengah, dan beberapa pejabat media penyiaran nasional.

Tema yang diangkat paad peringatan tersebut adalah “Dari Palu Indonesia Berbicara Baik”. KPI mengajak seluruh masyarakat lebih selektif  memilih siaran yang sehat dan berkualitas.

Harsiarnas yang rencana sebelumnya dihadiri Presiden Joko Widodo, harus diwakili Menkominfo sebagai pejabat yang membawahi KPI dan lembaga-lembaga penyiaran.

Meski demikian, dokumen Surat Keputusan ditetapkannya tanggal satu April sebagai Harsiarnas kini tinggal menunggu tanda tangan Presiden  yang nantinya sebagai bukti resmi tentang Harsiarnas. (wan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here