Ada Ikan Paus di Teluk Malala Tolitoli

0
153
Ikan Paus sedang mencari makanan di dalam Teluk Malala, Tolitoli, Minggu (4/3/2018). (Foto: Istimewa)

TOLITOLI, beritapalu | Sudah sembilan hari, seekor paus dengan ukuran 12 meter mencari makan di Teluk Malala, Kecamatan Dondo, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah. Mamalia besar dari perairan dalam itu sepertinya tersesat dan masuk kedalam wilayah perairan Tanjung Malala dan kemudian berdiam di Teluk itu karena diperkirakan mengejar makanannya yang cukup berlimpah di dalam wilayah teluk tersebut.

“Awalnya, paus itu terlihat di Pelabuhan Pindung Desa Malala, tak lama berselang, ikan raksasa itu menjauh dan masuk ke teluk hingga sekarang masih di sana.” Terang Amien, Tokoh Masyarakat di Malala.

Saat ini, area yang menjadi tempat makan dan bermain ikan Paus itu disetrilkan dari pukat dan jaring nelayan yang tinggal di sekitar teluk.

Kelompok Pencinta lingkungan yang dikomandani oleh Amien bekerjasama dengan Babinsa setempat mengawal setiap aktivitas paus dari warga yang penasaran untuk mendekati raksasa lautan tersebut.

Menurut Amien, mereka berusaha menjaga agar paus tersebut tidak merasa terancam apalagi terluka atau kondisi yang bisa menyebabkan paus tersebut berada dalam bahaya akibat dari ulah manusia.

“Kami pantau area ini dan menghimbau kepada warga untuk tidak menggunakan ketinting sementara waktu, takutnya dapat melukai tubuh paus.” Jelasnya.

Keberadaan ikan paus itu menarik perhatian warga karena ini baru pertama kalinya bagi mereka melihat langsung mamalia besar itu hidup, aktif dan bermain mencari makanan dari jarak dekat.

Anggota Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas) Malala, Galih, mengatakan bahwa jenis paus yang saat ini sedang mencari makan di teluk Malala ini kemungkinan besar adalah Paus Sei.

“Namun hal ini belum bisa dipastikan kebenarannya apakah benar paus itu berjenis Sei atau tidak, harus di identifikasi lagi secara mendetail,” terang Galih.

Informasi tentang jenis inipun didapat Galih dari hasil diskusi dengan teman-temannya dari mengamati foto-foto paus dan besar dugaan berasal dari jenis Sei.

Ukuran tubuh Paus itu mencapai 12 meter dan berjenis kelamin Betina dengan punggung berwarna Hitam keabua-abuan dan putih pada beberapa bagian bawah tubuhnya. Paus Sei (Balaenoptera Borealis) adalah spesies paus Balin yang merupakan anggota Famili Balaenoptiidae  terbesar ketiga setelah paus biru dan paus sirip.

Koordinator Satker Palu BPSPL  (Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut) Makassar,  Andi Syahruddin, membenarkan soal kehadiran paus di teluk Malala.

Dia juga mengklarifikasi tentang berita yang tersebar bahwa paus tersebut terdampar dan dalam kondisi yang sekarat adalah tidak benar.

“Informasi yang kami terima dari lokasi, saat ini kondisi paus dalam keadaan baik, tidak terdampar tidak terluka apalagi sekarat, jadi berita yang beredar itu tidak benar.” Jelas Asho, sapaan akrabnya.

Masih menurut Asho, saat ini pihaknya belum melakukan langkah apapun untuk mengeluarkan hewan tersebut dari teluk Malala. Mereka tetap menunggu hingga tiba saatnya hewan besar itu akan pergi dengan sendirinya.

“Saya sepakat dengan pak Amien soal itu, bisa jadi saat air pasang dan makanannya habis, dengan sendirinya dia akan kembali ke perairan lepas, tapi tetap dalam pengawasan ketat,” tutup Asho. (wan/)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here