Jasa Kurir Diharap Bekerja Sama dalam Pengiriman Ikan

0
246

PALU, beritapalu.NET | Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Palu berharap pada perusahaan jasa kurir agar bekerjasama dalam usaha pengiriman ikan baik keluar maupun masuk ke Palu.

Sosialisasi kepada perusahaan jasa kurir tentang pengirman ikan di kantor BKIPM Palu, Selasa (10/1/2018).(Foto: ist)

Harapan itu dikemukakan Kepala Seksi Pengawasan, Pengendalian dan Informasi BKIPM Palu, Irmawan dalam sosialisasi kepada pengusaha jasa kurir, Selasa  (10/1/2018) di Palu. Sosialisasi itu dimaksudkan untuk memberikan pemahaman terhadap aspek legal dan prosedur perkarantinaan ikan.

Irmawan mengatakan, lalulintas pengiriman barang melalui jalur udara terus mengindikasikan peningkatan dari waktu ke waktu. Tindakan perkarantinaan ikan modern dituntut untuk berorientasi pada keamanan pangan, perlindungan sumberdaya, pelayanan kepada masyarakat dan bagian dari sistem perdagangan.

“Fungsi sistem perkarantinaan membutuhkan komitmen, koordinasi, komunikasi, dan kerjasama dengan berbagai stakehorlder dan masyarakat,” sebutnya.

Menurutnya, sebagai salah satu benteng pertahanan dan perlindungan sumber daya ikan, BKIPM Palu terus bersinergi dengan otoritas bandara, ekpedisi muatan udara, dan berbagai penyedia jasa pengiriman barang.

Melalui pemahaman tersebut diharapkan penyedia jasa pengiriman dapat lebih borkontribusi meningkatkan pemahaman kepada masyarakat luas yang akan melalulintaskan ikan atau produk perikanannya.

Diungkapkan, modus operandi pelaku pelanggaran karantina ikan makin variatif, upaya pengelabuan terhadap petugas dilakukan melalui berbagai cara, petugas harus memiliki kemampuan komunikasi, ketelitian, ketegasan dan ketepatan dalam tindakan.

Sebagai bagian dari sistem perdagangan, petugas karantina ikan melaksanakan tugas  berpedoman pada aturan yang berlaku. Mutu produk dan kesehatan ikan  memiliki standar ketentuan yang harus dipenuhi oleh pengirim atau penyedia produk.

Penyedia jasa pengiriman diharapkan dapat berkontribusi dalam penegakkan aturan melalui komunikasi aktif dan turut memahamkan masyarakat tentang peran penting karantina ikan.

“Penyedia jasa pengiriman  tidak boleh menjadi bagian dari pendistribusian hasil perikanan yang ilegal.  Jika ekspedisi muatan udara dan penyedia jasa pengiriman melakukan tindakan yang melanggar ketentuan maka pihak karantina ikan akan secara tegas melakukan penindakan,” tegas Irmawan. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here