HUT ke-5, VES Community Sulteng Tanam Pohon dan Camping Ground

0
197
Bibit pohon Manohara yang ditanam VES Community Sulteng di jalur menuju Gong Perdamaian Palu, Minggu (6/8/2017). (Foto: bmzIMAGES)

PALU, beritapalu.NET | Komunitas pecinta kendaraan Suzuki yang tergabung dalam Vitara-Escudo-Sidekick (VES) Community Sulawesi Tengah menggelar kegiatan bertajuk “Satu VES Satu Pohon”, Minggu (6/8/2017).

Kegiatan yang dipusatkan di jalan menuju bukit Gong Perdamaian Kecamatan Mantikulore itu dihelat sebagai rangkaian dari peringatan HUT ke-5 komunitas tersebut dan dilaksanakan serentak secara nasional.

Menurut Koordinator Wilayah VES Community Chapter Sulawesi Tengah, Zainal Abidin, sedikitnya ada 22 chapter VES Community yang menggelar kegiatan tersebut serentak di seluruh Indonesia.

“Kegiatan wajib bagi setiap chapter VES se Indonesia adalah menanam pohon, namun kita di Sulawesi Tengah, selain menanam pohon, juga dirangkai dengan Camping Ground yang diikuti oleh seluruh anggota VES Community Chapter Sulteng,” sebut Zainal Abidin yang akrab disapa om Enal ini.

VES Community Chapter Sulteng. (Foto: Yudhi Mawardin)

Enal menjelaskan, kali ini menanam pohon sengaja dijadikan momentum puncak peringatan 5 Tahun VES Community sebagai salah satu bentuk kepedulian komunitas tersebut terhadap lingkungan.

“Kami tidak sekadar penghobi kendaraan VES, tapi kami juga membangun silaturahmi, berusaha memberi manfaat bagi sekitarnya termasuk kepada kelestarian lingkungan,” imbuhnya.

Dalam penanaman pohon itu, Enal mengaku seluruh rangkaian acaranya dilaksanakan secara swadaya anggota komunitas, mulai dari pengadaan bibit pohon, dalam hal ini pohon Manohara, hingga pembuatan lubang dan juga perawatannya diusahakan sendiri oleh anggota komunitas tersebut.

“Kami tidak selesai dengan menanam saja, tapi juga diikuti dengan perawatan. Kami menjadwalkan akan menyiram pohon-pohon yang sudah ditanam itu secara berkala agar dapat tumbuh dengan baik,” tambahnya.

Camping Ground VES Community Sulteng, Minggu (6/8/2017). (Foto: Afdhal Fauzi)

Sementara itu, usai melakukan penanaman pohon, anggota komunitas tersebut melanjutkan dengan camping ground di bukit yang terletak di belakang kantor Polda Sulteng baru Jalan Soekarno Hatta.

Camping ground itu dimaksudkan untuk memupuk dan membangun keakraban di antara anggota komunitas. Selain itu, dimaksudkan pula untuk berbagai informasi tentang banyak hal mulai dari kendaraan hingga aspek social kemasyarakatan. (afd)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here