Tomat Lokal Menghilang, Pedagang Datangkan dari Surabaya

0
167
Pedagang menata tomat yangdidatang dariSurabaya dan dijual di pasar Induk Manonda Palu, Rabu (12/7/2017). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki/17)

PALU, beritapalu.NET | Harga tomat sepekan terakhir ini melonjak tajam menjadi rata-rata Rp42.500 per kilogram akibat tidak adanya pasokan tomat lokal yang masuk ke pasar-pasar di Palu.

Menurut sejumlah pedagang, tomat-tomat yang berseliweran di sejumlah kantong-kantong produksi seperti  Napu, Sidera dan sejumlah daerah produksi kebanyakannya dibawa ke Kalimantan. Tentu karena alasan harga yang lebih menjanjikan.

Kekosongan pasokan itu memicu harga komoditi yang masuk katagori sayur dan bumbu-bumbuan ini. Pantauan beritapalu.NET Selasa (11/7/2017), harga tomat di Pasar Induk Manonda bahkan mencapai Rp42.500 per kilogram.

Sejumlah pedagang kemudian mengambil langkah taktis dengan mendatangkan tomat dari Surabaya.

Salah seorang pedagang besar di pasar tersebut bahkan mendatangkan tomat dari Surabaya dalam jumlah yang cukup besar.

Alhasil, kedatangan tomat dari Surabaya itu membuat pasokan seidikit mencukupi dan menekan harga hingga Rp15.000 per kilogram.

“Terpaksa kami datangkan dari Surabaya. Kemarin (Selasa, 11/7/2017) sudah masuk dan sekarang sudah dijual dengan harga Rp15 ribu per kilogram,” ungkap salah seorang pedagang di pasar tersebut, Rabu (12/7/2017). (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here