Endless Luncurkan Sistem Operasi Komputer di Indonesia

0
229
dari kirike kanan: VP of Deployment Rob Mc Queen, Product Manager Nick Richards, Director Software Engineering Cosimo Cecchi, Contry Product Manager Asus Indonesia Alistra Wu, Head of Costumer Product Dianah, Chief Growth Officer Robera Antunes, CEO & Founder Matt Dalio, Country Operations Septira Taruna dan VP of Engineering Jonatha Blandford pada peluncuran Endless OS, Selasa(4/7/2017). (Foto: Endless Computers)

JAKARTA, beritapalu.NET | Endless Computers, produsen komputer meluncurkan Endless OS, sebuah sistem operasi yang mumpuni untuk bekerja dan bermain yang dilengkapi dengan berbagai aplikasi bawaan untuk browsing, mengakses media sosial, pekerjaan kantor, permainan serta menyediakan kumpulan artikel dan literatur yang bisa diakses langsung tanpa dukungan koneksi internet sekalipun.

Matt Dalio, “Melalui Endless OS, kami membuktikan komitmen kami sebagai penyedia teknologi yang memberikan akses teknologi yang lebih luas hingga ke seluruh dunia,” kata CEO dan Pendiri Endless Computers, Matt Dalio dalam rilisnya yang disampaikan ke beritapalu.NET.

Matt menambahkan, perusahaannya berfokus untuk memecahkan dua hambatan teknologi utama, yakni tingginya biaya dan konektivitas.

“Endless adalah peranti lunak gratis, yang akan menjadikan komputer ada berjalan sempurna dalam berbagi kondisi penggunaan, bahkan saat koneksi internet lemah, labil, atau ketika biaya internet terlalu tinggi,”  klaimnya.

Situasi ideal di mana koneksi internet cepat pun bisa bermasalah, seperti saat kuota data tertentu bisa mencukupi penggunaan di ponsel pintar namun tidak mumpuni untuk penggunaan di laptop atau komputer desktop.

Para pengguna komputer rata-rata membutuhkan lebih karena peramban desktop umumnya mengakses informasi yang lebih banyak dan data yang lebih besar, sedangkan peramban mobile lebih ramah data mengingat ia mengakses aplikasi dan laman situs versi mobile.

Endless merancang peranti lunaknya dengan purwarupa aplikasi, sehingga semua perangkat Endless OS berkinerja lebih baik dalam berbagai kondisi konektivitas, bahkan saat internet terbatas atau tidak ada.

“Endless bekerja sama secara global dengan merek-merek teknologi ternama seperti Acer dan Asus guna memastikan ketersediaan produk kami terutama bagi pengguna pemula. Bersama mitra kami, kini kita selangkah lebih dekat menuju kesetaraan teknologi,” imbuh Endless OS di Indonesia, CMO dan CGO Endless Computers, Beta Antunes.

 “Kami ingin agar setiap orang bisa memiliki komputer—sesederhana itu, dan peluncuran hari ini menandai awal misi kami di Indonesia,” ujar Beta lagi.

 Pasar Indonesia memiliki banyak ruang untuk tumbuh lantaran tingkat penetrasi komputer masih di angka 21 persen dan penetrasi internet baru saja melampaui angka 51 persen. Jika data ini disandingkan dengan tingkat penetrasi di negara-negara maju, potensi penjualan komputer di Indonesia masih akan melampaui puluhan juta unit lagi.

Endless menghadirkan pengalaman berkomputer terbaik yang dirancang khusus sesuai pasar Indonesia  Endless OS menawarkan antarmuka intuitif seperti di ponsel pintar. Selain bebas dari ancaman risiko keamanan yang menyerang kebanyakan OS, pengguna juga disuguhi jajaran aplikasi siap pakai.

Aplikasiaplikasinya menghasilkan file yang kompatibel dengan berbagai program dan OS lain yang ada di pasaran, dan juga dirancang untuk bisa digunakan secara offline untuk menjawab tantangan permasalahan konektivitas di Indonesia.

Pengalaman pengguna yang dirancang khusus tersebut adalah wujud nyata komitmen perusahaan dalam mendengarkan masukan pengguna di lebih dari dua puluh negara, yang menginginkan perangkat lunak yang sesederhana ponsel pintar, bebas virus dan bekerja baik dalam kondisi konektivitas internet apapun.

Endless menyediakan pusat download—App Center yang mudah diakses dan mengemas ratusan aplikasi yang bisa digunakan para pengguna di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan penggunaan utama2 laptop mereka, yakni bekerja, belajar, menjelajah web dan berhubungan melalui media sosial, serta menikmati multimedia dan permainan.

Di dalam Endless OS juga tersedia kumpulan konten offline yang berguna bagi pengguna di daerah terpencil atau kesulitan koneksi internet. Ada lebih banyak konten untuk edukasi sehingga pelajar dapat belajar kapan saja, walaupun saat ada keterbatasan internet.

Pengguna Endless OS bisa melakukan penelitian, mempelajari berbagai buku panduan dan referensi tentang dunia hewan, sejarah serta matematika di ekosistem aplikasi yang berfokus pada pendidikan ini. Tersedia segera di update OS berikutnya, para pengguna Endless OS bisa menikmati aplikasi-aplikasi gaya hidup, berita, info selebritis dan dunia hiburan lengkap dengan konten-konten offline yang akan diperbaharui setiap kali perangkat terhubung ke internet.

Selain itu, Endless OS juga mendukung Steam, platform gaming terbesar di dunia. Kini pengguna memiliki akses ke lebih dari 1.800 game dan komunitas yang beranggotakan lebih dari 65 juta gamer di 237 negara dengan 21 bahasa yang berbeda. Game andalan Valve yang tersedia termasuk Dota 2, Team Fortress 2, dan juga game independen seperti Rocket League, Garry’s Mod, dan Ark: Survival Evolved. (afd/*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here