Published On: Wed, May 31st, 2017

Satgas Operasi Tinombala Turun Bantu Korban Gempa

Salah satu rumah yang roboh akibat gempa di Kecamatan Lore Utara Poso. (Foto: RadarSultengOnline.com/Mugni Supardi)

POSO, beritapalu.NET | Gempa keras berkekuatan 6,6 SR yang mengakibatkan kerusakan fisik di Kecamatan Lore Uutara Kabupaten Poso Senin (29/5/2017) lalu juga direspon cepat oleh Satuan Tugas Operasi Tinombala yang bertugas di wilayah Sektor IV Lembah Napu.

Pasukan Brimob juga turut membantu warga untuk membersihkan puing puing rumah yang rusak akibat gempa.

Salah satu titik bantuan adalah korban gempa di Desa Watumaeta Kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso Sulawesi Tengah. Pasukan Brimob diturunkan untuk bantuan tersebut.

Komandan Sektor IV Operasi Tinombala 2017 AKBP Bambang Widjanarko mengaku, sejak kejadian gempa Senin malam, keesokan harinya pasukan Satgas  yang bertugas di wilayah terjadinya gempa itu langsung diturunkan atas perintah penanggung jawab keamanan dan Operasi Tinombala.

Upaya yang dilakukan ini untuk membantu warga yang terkena dampak langsung dari gempa berskala besar itu. Satuan Tugas Operasi Tinombaa selain melakukan pengejaran terhadap Daftar Pencarian Orang dari kelompok Mujahidin Indonesia Timur, mereka juga diturunkan untuk membantu warga.

Sementara itu, Sekretaris Desa Watumaeta Franco Lenak mengatakan, desanya adalah salah satu desa yang terkena dampak yang serius di Kecamatan Lore Utara. Sebanyak 76 bangunan rumah yang rusak ringan dan berat dan ada 3 rumah ibadah yang juga rusak serta sekolah dasar dan madrasah.

Hingga saat ini warga masih bertenda di tenda darurat. Warga masih takut untuuk kembali ke rumah.

Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Poso dan Sulteng mulai melakukan distribusi bantuan dan dapur umum yang mulai di bangun untuk membantu warga di tenda-tenda darurat  tersebut. (wan)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>