Puluhan Rumah Rusak di Lore Utara Rusak Akibat gempa

0
310
enda darurat yang didirikan warga untuk tempat tinggal sementara menunggu kondisi betul-betul aman. (Foto: RadarSultengOnline.com/Mugni Supardi)

POSO, beritapalu.NET | Paska gempa yang mengguncang Kabupaten Poso dengan kekuatatan 6,6 Skala Richter (SR), Senin (29/5/2017)malam, mengakibatkan rusaknya beberapa fasilitas umum termasuk sekolah dasar dan pos poliklinik desa. Dampak kerusakan yang lainnya juga menimpa ratusan rumah warga.

Desa Sedoa kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso menjadi salah satu desa yang terkena dampak dari gempa yang berkuatan 6,6 SR tersebut, puluhan rumah warga rusak berat dan ringan.

Salah seorang warga, Rosniati Bambali (43) mengungkapkan, saat terjadi gempa pada malam hari tersebut,dirinya bersama keluarganya sudah beristirahat  dan bersiap untuk tidur.

Ketika gempa terjadi, disebutkan kekuatannya cukup besar dan mengakibatkan rubuhnya rumah yang mereka tempati termasuk dinding kamar yang  ia tempati tidur bersama sang suami. Beruntung tembok tersebut rubuh tidak menimpa mereka karena sempat lari ke bagian belakang rumah.

Pemerintah daerah dan Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Poso telah berada di lokasi kejadian untuk melakukan pendataan kepada warga yang terdampak dari kejadian ini.

Upaya untuk menenangkan warga juga terus dilakukan meskipun gempa susulan hingga kemarin masih terus terjadi walau kekuatannya semakin melemah.

Catatan yang diperoleh dari Badan Meteoerologi dan Geofisika Palu menyebutkan hingga kemarin malam intensitas gempa masih terus terjadi. Tercatat hingga gempa yang terjadi dengan skala rendah mencapai angka tiga puluh tujuh kali.

Hingga kemarin, warga belum ada yang kembali ke rumahnya. Mereka lebih memilih untuk tidur di tenda-tenda darurat dan sebagian lainnya membangun tenda di depan rumah untuk tidur dalam keadaan gelap karena listrik yang padam sejak kejadian tersebut. (wan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here