Pasukan Brimob Lepas Tembakan di Halaman Masjid Agung Palu

0
448
Personel Brimobda Sulteng mengamnkan sandera pada latihan penanggulangan terorisme di halaman Masjid Agung Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (9/5/2017). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki/17)

PALU, beritapalu.NET | Suasana di Masjid Agung Darusalam yang terletak di Palu Barat pada Selasa (9/5/2017) pagi cukup mencekam. Seluruh pintu gerbang menuju masjid terbesar di Palu itu ditutup rapat.

Sementara itu di halaman masjid, ratusan personel Brimob Polda Sulteng bersenjata lengkap merangsek ke setiap sisi masjid. Sejumlah kendaraan taktis juga tampak bersiaga mengelilingi masjid.

Sejurus kemudian, rentetan suara tembakan menyentakkan warga yang sedang melintas di empat sisi masjid itu. Tak hanya melepas tembakan, beberapa personel dengan senjata laras panjang bahkan menyerobot masuk ke lantai dasar masjid tersebut.

Tak lama berselang, pasukan itu keluar kembali dengan sandera yang berhasil dibebaskan dan segera diamankan ke kendaraan taktis yang telah disiagakan.

Sebuah robot Vanguard terlihat menyusuri tempat tertentu yang dicurigai terdapat bahan peledak. Benar saja, robot made in Canada itu menemukan sebuah tas yang setelah diidentifikasi oleh Tim Jihandak adalah sebuah bom.

Dengan perlahan, robot itu mengevakuasi benda tersebut menjauh dari masjid dan didisposal. Gelegar suara bom yang diledakkan itu sekali lagi mengagetkan warga sekitar masjid.

Situasi itu adalah gambaran latihan penanggulangan terorisme yang dilakukan oleh Satuan Brimobda Sulteng di halaman masjid itu.

“Ini adalah latihan rutin Brimob. Kemampuan personel harus terus dilatih agar semakin meningkat dan menjadi siap siaga,” ujar Wadansat Brimobda Sulteng AKBP Basya Radyananda usai latihan tersebut.

Sejumlah latihan penanggulangan teroris oleh Brimob sebelumnya dilaksanakan di Mako Brimob yang terletak di Mamboro.

“Sebenarnya selalu kita lakukan latihan di luar dan tempat terbuka, seperti di lapangan Vatulemo.Tapi sekarang kan Vatulemo sudah berubah, jadi kita gelar di halaman masjid ini,” sebut mantan Kapolres Palu ini.

Sementara itu, sejumlah pihak menduga, latihan atau simulasi Brimob di halaman masjid itu terkait dengan rencana kedatangan Presiden Joko Widodo ke Palu dalam rangka membuka Kongres ke-19 Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia(PMII) di tempat tersebut dalam waktu dekat ini. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here