Warga memerhatikan area bagian Timur toko bangunan yang dijadikan sasaran karyawati toko untuk melompat dan melarikan dari dari sekapan perampok, Minggu (2/4/2017). (Foto: Odi)

PALU, beritapalu.NET |Aksi perampokan ini terbilang nekad. Betapa tidak, tindak kriminal itu dilakukan pada pagi menjelang siang, tepatnya pada Minggu (2/4/2017) sekitar pukul 10.30 Wita yang menyasar Toko Sinar Baru yang terletak di Jalan Wolter Monginsidi Palu.

Informasi yang berhasil dihimpun, aksi itu dilakukan ketika pemilik sedang pergi beribadah Minggu. Meski ditinggal, toko bangunan yang memang tutup pada hari Minggu tetap dijaga oleh dua orang karyawatinya.

Pelaku perampokan yang berjumlah 4 orang berboncengan dua sepeda motor masuk ke toko melalui pintu samping dengan cara membuka paksa menggunakan linggis.

Kedua karyawati yang sempat disekap itu bersaksi, 3 pelaku naik ke lantai 2 dan menodongkan pisau sebagai ancaman. Pelaku memaksa karyawati itu memberitahukan tempat penyimpanan barang berharga.  Tapi karena saksi mengaku tidak tahu, maka keduanya  tidak langsung disekap di dalam kamar mandi.

Usai menyekap saksi, pelaku kemudian menjalankan aksinya di kedua lantai toko tersebut. Laci meja-meja dibongkar, begitu pula dengan kamar-kamar.

Saksi  yang disekap di kamar mandi tiba-tiba dibukakan pintu oleh pelaku. Kata-kata ancaman terus dilontarkan oleh palku. Saksi sangat ketakutan dan ketika pelaku lalai, saksi kemudian nekad lari dan melompat ke sebelah timur.

Mengetahui saksi melarikan diri, pelaku langsung meninggalkan toko tersebut melalui pintu depan dan di depantokok sudah ada seorang dari rekan pelaku yang telah berjaga.

Mendapat laporan adanya aksi perampokan seperti itu, aparat kepolisian yang dipimpin langsung Kapolres Palu AKBP Christ R. Pusung bergegas ketempat kejadian perkara (TKP) dan mengepungnya karena dikira pelaku masih berada di dalam toko.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahuisecara pasti barang-barang yang berhasil digasak pelaku. Aparat masih melakukan penyelidikan intensif.Walau demikian, beberapa informasi menyebutkan barang-barang itu antara lain 1 tas warna hitam, 1 unit HP Samsung, 1 unit HP merk BlackBerry dan 1 unit Ipad.

“Sementara ini masih kami selidiki. Informasi yang kami dapatkan dari rekaman CCTV, pelaku berjumlah empat orang. Mereka berhasil membawa kabur uang tunai dan handphone,” kata Kapolres Palu AKBP Christ R. Pusung. (afd/*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *