Harga Elpiji 3 Kg Melambung, Polda Tangkap Pengoplos Gas

0
228
Ilustrasi distribusi elpiji 3 kg. (Foto: Antara/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu.NET | Harga elpiji subsidi 3 kilogram dalam sepeken terakhir ini melambung hingga Rp25 ribu per tabung, padahal Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah hanya sebesar Rp16 per tabung.

Tak sedikit konsumen mengeluhkan hal ini lantaran lonjakan yang cukup drastis dan sulit di dapatkan. Beberapa pangkalan yang  dipantau bahkan sudah menulis pemberitahuan di depan pangkalannya “Gas 3 Kg Habis”.

Sulastri,salah seorang ibu rumah tangga yang bermukim di Kelurahan Palupi mengaku sudah beberapa hari ini sulit mendapatkan elpiji subsidi tersebut. Kalau pun ketemu harganya suah Rp25 ribu.

“Ini baru saya beli dari pengecer, harganya Rp25 ribu. Yah terpaksa dibeli,  mau pakai apa kita  memasak kalau tidak dibeli,” gerutunya.

Salah satu pengecer elpiji subsidi di Palu Selatan yang dihubungi mengaku menjual elpiji diatas  harga semestinya karena  sulitnya mendapatkan gas tersebut di pengecer. “Dipangkalan tidak selalu ada pak. Kita antre bahkan rebutan untuk bisa dapatkan gas,”akunya.

Sementara itu, warga menduga kenaikan harga  itu disebabkan karena kelangkaan elpiji bahan bakar subsidi tersebut. Apalagi katanya, pada Sabtu (11/3/2017) aparat menemukan adanya indikasi pengoplosan gas 3 kg ke gas non subsidi.

Benar adanya, aparat Polda Sulteng berhasil membongkar modus pengopolsan tersebut di salah satu kompleks perumahan di Palu melalui operasi khusus.

Sebuah rumah yang dicurigai melakukan praktik pengopolsan itu digerebek dan ditemukan sejumlah peralatan yang diduga digunakan untuk menjalankan aksi pengopolsan itu.

Beberapa tabung gas dalam berbagai ukuran ditemukan di rumah tersebut, termasuk regulator yang digunakan untuk mengoplos gas 3 kg ketabung 12 kg. Satu tabung gas 12 kg dioplos dengan 4 sampai 5 gas 3 kg dan kemudian dijual dengan harga yang  jauh lebih tinggi.

Polda Sulteng kini menangani kasus pengopolsan itu dengan mengamankan seorang terasngka berikut barang bukti berupa tabung-tabung gas, perlengkapan pengoplosan dan sebuah kendaraan yang digunakan untuk  mengangkut gas. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here