Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito (kiri) bersama Komandan Korem 132 Tadulako Kolonel Inf Muhammad Saleh Mustafa meninggalkan salah satu ruangan barak yang baru direnovasi usai peresmian di Asrama Korem 132 Tadulako Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (7/3/2017). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki/17)

PALU, beritapalu.NET | Proposal anggarannya untuk merenovasi barak atau Perumahan Dinas (Rumdis) dicoret dari daftar prioritas di komando tingkat atasnya, membuat Korem 132 Tadulako cari akal sendiri agar bisa merenovasi barak bagi para prajuritnya.

Alhasil, dalam waktu enam bulan, Rumdis yang terletak di Asrama Korem Jalan Sudirman Palu itu berhasil direnovasi dan bahkan sudah diresmikan oleh Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, Selasa (7/3/2017).

“Barak ini adalah bangunan peninggalan zaman Belanda. Sudah tidak layak dihuni oleh anggota kami, makanya kami usulkan untuk direnovasi. Tapi karena anggaran sangat terbatas maka usulan kami dikeluarkan dari daftar prioritas,”jelas Komandan Korem 132 Tadulako KolonelInf.Muhammad Saleh Mustafa saat memberi laporan pada seremoni peresmian barak tersebut.

Ia mengaku tidak lantas berhenti dengan pencoretan proposal tersebut. Danrem kemudian berusaha mencari sumber pembiayaan secara swadaya agar renovasi itu tetap dapat dilakukan.

“Alhamdulillan, ada beberapa rekan dan pengusaha yang cukup peduli dengan kondisi ini dan bersedia membantu kami. Akhirnya kami dapat mengumpulkan dana hingga Rp400 juta dan kami gunakan untuk renovasi barak ini. Di antara rekan yang membantu kami itu, ada yang membantu dalam bentuk material bangunan,” sebutnya.

Sedangkan tenaga kerja yang digunakan untuk proyek itu berjumlah 20 orang yang kesemuanya adalah prajurit Korem 132 Tadulako yang memiliki spesifikasi pertukangan. “Yang jadi kepala tukangnya berpangkat Kopral. Tapi ada anggota tukang yang berpangkat Bintara. Jadi kalau pakai seragam dinas, ya Kopral harus patuh pada Bintara. Tapi kalau soal tukang, Bintara yang harus patuh pada Kopral,” seloroh Kolonel Saleh disambut tawa undangan yang hadir pada seremoni peresmian itu.

Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito menyampaikan apresiasinya kepada Danrem 132 Tadulako beserta jajarannya. Ia salut karena darisekian banyak Danrem, ia  menyebut baru kali ini ada yang begitu peduli terhadap kondisi anggotanya.

“Saya kira ini adalah suatu hal yang harus kita apresiasi. Saya tidak melihat berapa banyak perumahan yang dibuat, atau berapa nilainya. Saya justeru melihat dari sisi kepeduliannya. Tak banyak komandan yang punya  kepekaan seperti  ini,” sebut Mayjen Ganip disambut  aplaus  panjang prajurit yang hadir pada kesempatan itu.

Ganip juga menyampaikan terima kasihnya kepada mitra Korem 132Tadulako yang telah berempati atas kondisi perumahan para prajurit. “Dengan tulus atas nama TNI menyampaikan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan,” ujarnya.

Menurut Ganip, dengan adanya barak yang baru direnovasi itu, dirinya berharap dapat semakin meningkatkan semangat pengabdian para prajurit, khusunya yang di jajaran Korem 132 Tadulako.

Peresmian barak tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ny Ganip Warsito dan dilanjutkan dengan peninjauan bagiandalam perumahan dinas tersebut. (afd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *