Warga Serbu Puskesmas Nosarara, Ingin Lihat dan Adopsi Bayi yang Dibuang Ortunya

Inilah sosok bayi malang yang dibuang orangtuanya. Kini ia dirawat di Puskesmas Nosarara Pengawu, Rabu (22/2/2107). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu.NET | Puluhan warga bergantian mendatangi Puskesmas Nosarara yang terletak di Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Palu, Rabu (22/2/2017).

Selain ingin melihat langsung sosok bayi yang dibuang orangtuanya dan dirawat di Puskesmas terebut, sebagian diantaranya bermaksud mengadopsinya.

“Dari tadi pagi ini banyak warga yang datang lihat itu bayi. Ada yang sekadar melihat, tapi ada pula yang  mau mengadopsinya,”ujar salah seorang pegawai di Puskesmas tersebut.

Bahkan banyak warga yang datang sambil membawa perlengkapan bayi. Bisa jadi karena miris dengan nasib yang dialami bayi tersebut, namun boleh jadi karena ada maksud mengadopsinya.

“Soal adopsi, kami tidak berwenang. Bayi ini akan kami serahkan ke Dinas Sosial setelah melalaui perawatan 100 hari di Puskesmas ini,” jelas Kepala Puskesmas Nosarara Pengawu St Radiah SKM MKes, Rabu (22/2/2017).

Diberitakan sebelumnya, seorang bayi laki-laki berusia sekitar 2 sampai 3 hari ditemukan warga di sebuah lapak jualan pinggir jalan di Kelurahan Pengawu Palu, Rabu (22/2/2017).

Bayi malang itu pertama kali ditemukan dua orang ibu, Rudiah dan Ariyani usai shalat subuh di masjid. Saat berjalan untuk pulang ke rumahnya, secara tak sengaja pandangan kedua ibu itu terarah ke sebuah lapak jualan.

Betapa kagetnya karena setelah didekati, ternyata onggokan kain di lapak jualan penganan itu adalah seorang bayi. Kedua itu nyaris panik, untung saja masih bisa bertindak logis dan segera melaporkan ke ketua RT setempat.

Ketua RT kemudian berinisiatif membawa bayi yang baru ditemukan itu ke Puskesmas Nosaraa Pengawu yang jaraknya tidak jauh dari lokasi penemuan.

Pihak Puskesmas pun segera mengambil tindakan untuk perawatan darurat mengingat kondisi bayi yang masih lemah. (afd)

Baca juga Berita Terkait sebelumnya : Kasihan, Bayi Dibuang Orangtuanya Ditemukan Di Lapak Jualan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here