Puluhan Pekerja Asing Asal Tiongkok Padati Kantor Imigrasi Palu

0
156
Sejumlah pekerja asing asal Tiongkok sedang antre dalam pengurusan izin di Kantor Imigrasi Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (16/2/2017). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki/17)

PALU, beritapalu.NET | Aula kantor Imigrasi Kelas 1 Palu yang terletak di Jalan Kartini Palu disesaki oleh puluhan pekerja asing asal Tiongkok, Kamis (16/2/2017). Mereka ditampung sementara di tempat itu hingga urusan izin tinggal dan bekerja mereka rampung.

Para pekerja asal Tiongkok itu seluruhnya tidak bisa berbahasa Indonesia, apalagi bahasa Inggris. Walau demikian, pengurusan izinmereka dapat berjalan lancar karena difasilitasi oleh translater darisalah satu perusahaan tambang yang beroperasi di Kabupaten Morowali.

Kepala Imigrasi Palu Suparman mengatakan, puluhan pekerja asing itu datang ke kantornya untuk mengurus izin bekerja. Mereka hanya diperkenankan bekerja dan tinggal sementara di Morowali jika izin tersebut sudah dikantonginya. Jika tidak, maka akan dinggap ilegal.

Para pekerja asing yang hampir semuanya sambil menggenggam smartphone lengkap dengan headshet itu terlihat antre menunggu giliran untuk diperiksa berkasnya. Karena tak bisa berkomunikasi, mereka dipandu seorang translater di dalam ruang verifikasi.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, sedikitnya 50 orang pekerja asal Tiongkok itu akan dipkerjakan oleh salah satu perusahaan tambang nikel di Morowali berbendera Tiongkok.

Walau demikian, dalam catatan Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Sulawesi Tengah, sedikitnya ad sekitar 6.000 pekerja asing di wilayah Morowali yang saat ini bekerja di sektor pertambangan. Sebagian di antara pekerja itu menurut Jatam adalah ilegal.

Suparman menyebutkan, sebagian dari pekerja asing itu masuk ke Morowali melalui Kendari, Sualwesi Tenggara. Meski begitu, pihaknya akan turun untuk mengecek keberadaan mereka. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here