Perda Persampahan Tidak Efektif, DPRD Palu akan Revisi

Sampah di Jalan Sisisngamangaraja Palu. (Foto: Jose Rizal)

PALU, beritapalu.NET | DPRD Kota Palu berencana merevisi Perda tentang Persampahan di Kota Palu. Pasalnya, meskipun dalam Perda itu dicantumkan soal sanksi, namun kenyataannya tidak efektif.

“Sanksi itu yang akan kami usulkan untuk direvisi,” kata anggota DPRD Kota Palu Ridwan Alimuda, Kamis (2/2/2017).

Revisi itu menurut Ridwan, setidaknya akan memberi efek jera, terutama badu warga yang suka membuah sampah secara sembarangan.

Meski demikian, Ridwan berharap juga bahwa sekalipun direvisi dan memperberat sanksinya, seharusnya pihak terkait harus mengambil peran cerdas di dalamnya. Terutama katanya bagaimana mengubah mindset warga tidak membuang sampah secara serampangan.

Piahk terkait yang dimaksud adalah Badan Lingkungan Hidup (BLH) yang seharusnya menurut dia tidak melulu pada fisik, tetapi juga membuat program psikis, yakni mengbah mindset masyarakat yang buang sampah sembarangan itu.

Sejalan dengan rencana memperberat sanksi itu, ia juga memina agar Pemkot Palu menambah armada sampah yang saat ini dirasakan kurang karena jumlah sampah kian banyak.

Bisa jadi, rencana revisi persampahan terutama pada klausul sanksi ini didasari dari hasil studi banding DPRD Kota Palu belum lama ini ke Makassar yang secara khusus mempelajari pengelolaan sampah di daerah tersebut. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here