Ketua PFI Palu Periode 2011-2014, Basri Marzuki (kanan) menyerahkan berkas dan inventaris milik PFI Palu kepada ketua terpilih, Rony Shandi (kiri), pada Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) III PFI Palu yang digelar di Palu Golden Hotel (PGH), Sabtu (21/1/2017) siang. (Foto: Faiz Sengka/KabarSelebes.com)

PALU, beritapalu.NET | Fotografer Harian Umum Radar Sulteng (Jawa Pos Grup), Rony Sandhi terpilih sebagai Ketua Pewarta Foto Palu (PFI) Palu untuk periode 2017-2020 pada Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) III PFI Palu yang digelar di Hotel Palu Golden, Sabtu (21/1/2017).

Rony terpilih secara aklamasi dalam forum pemilihan yang dipimpin Muhammad Nasrun itu setelah kandidat lainnya yang terseleksi menyatakan mundur dari pencalonan sebagai ketua. Rony menggantikan ketua PFI Palu yang lama Basri Marzuki yang menjabat dua periode kepengurusan sebelumnya.

Sebelumnya sesuai dengan mekanisme Musdalub dilakukan pertanggungjawaban oleh pengurus lama. Ketua PFI Palu lama Basri Marzuki dalam pertanggungjawaban itu menyatakan, sejumlahprogram kerja sudah berhasil dilaksanakan. Namun masih lebih banyak yang tidak terlaksana.

Alasannya kata pria yang akrab disapa bmz itu, berbagai keterbatasan yang dihadapi, seperti personel pengurus inti yang sudah banyak beralih profesi, keterbatasan dana dan sulitnya melakukan penyesuaian waktu di kalangan pengurus sendiri.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada para pengurus serta anggota PFI Palu yang selama ini sudah membantu dan mensupport kegiatan-kegiatan PFI Palu selama periode kepengurusannya. Permohonan maaf juga disampaikan baik secara pribadi maupun sebagai ketua terhadap segala kekurangan dan mungkin juga sikap tidak sejalan selama periode kepemimpinannya.

“Saya sudah cukup ‘tua’ dan saya percaya teman-teman yang lebih muda memiliki semangat yang jauh lebih besar untuk mengantarkan organisasi profesi para wartawan foto ini menjadi lebih baik lagi. Selain itu, proses regenerasi harus terus berjalan,” tandasnya di akhir laporan pertanggungjawaban tersebut.

Sementara itu, Ketua PFI Palu terpilih, Rony Shandi dalam sambutan perdananya mengatakan, banyak hal yang akan dikerjakan PFI Palu ke depan, terutama pengembangan kapasitas dan profesionalisme para pewarta foto, terutama di Palu dan Sulawesi Tengah.

“Meminjam istilahnya pak Gubernur, kita harus bisa setara dengan PFI di daerah lain,” tandasnya disambut aplaus para peserta Musdalub.

Sebelum Musdalub tersebut, dilakukan penyerahan berkas dan inventaris milik PFI Palu dari ketua lama, Basri Marzuki kepada ketua yang baru menjabat, Rony Shandi.

Ketu PFI Palu yang lama dan yang baru diambah seorang peserta selanjutnya menyusun komposisi pengurus dengan batas waktu secepatnya untuk mendapat pengesahan dari PFI Pusat. Hingga berita ini diturunkan, komposisi yang pasti baru pada sekretaris PFI Palu yang dipercayakan kepada Taupan SP Bustan, fotografer Media Indonesia.

Rony berjanji akan segera menyusun komposisi pengurus lainnya agar dapat segera ditetapkan dan secepatnya memulai pekerjaannya. (afd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *