Gelorakan Film Lokal, Gubernur Sulteng Siap Fasilitasi

0
237
Personel Nadoyo Production foto bersama dengan Gubrenur Sulteng usai beraudience, Rabu (11/1/2017). (Foto: facebook.com/Nadoyo Production)

PALU – Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, Rabu (11/1/2017) pagi, menerima sejumlah sineas Kota Palu, di ruang kerjanya. Pada pertemuan sekitar satu jam itu, Gubernur Longki mendengarkan paparan para sineas Palu, tentang perkembangan perfileman di Palu, termasuk sejumlah karya yang telah dihasilkan selama ini.

Di hadapan Gubernur Longki Djanggola, mereka menjelaskan bahwa karya-karya sineas di Kota Palu itu itu, tidak hanya menjadi konsumsi masyarakat lokal saja, tetapi telah menembus dunia internasional.

“Kita punya salah seorang sineas bernama Yusuf Radjamuda, yang karyanya memenangkan Festival Film Solo kategori film pendek, bahkan sampai diundang ke Jerman,” jelas David di hadapan Gubernur Longki.

Dalam waktu dekat juga, kata David, salah satu rumah produksi di Palu telah menghasilkan tiga film pendek, yang rencananya akan diluncurkan pada 18 Januari 2017 nanti. Oleh karena itu, para sineas itu mengundang Gubernur Longki Djanggola untuk dapat menghadiri acara tersebut.

Mereka bahkan telah menunjukkan salah satu film itu kepada Gubernur Longki Djanggola, dan tampak ketua DPD Gerindra Sulteng itu sangat menikmati film pendek tersebut.

“Film ini akan diputar secara resmi pada 20 Januari nanti. Dan Bapak orang pertama yang menonton film ini,” kata David.

Mendengarkan penjelasan panjang lebar itu, Gubernur Longki Djanggola sempat kaget, karena ternyata kreativitas anak-anak Palu itu sangat luar biasa dan perlu mendapat apresiasi yang tinggi.

“Wah, itu sangat luar biasa,” ujar Gubernur.

Gubernur berharap, para sineas Palu dapat memproduksi film-film panjang sehingga dapat bersaing dengan sineas-sineas di Jakarta.

“Saya sudah bertemu dengan produser film Uang Panai. Kita bisa bekerjasama dengan produser itu,” kata Gubernur.

Oleh karena itu, Gubernur berjanji akan menyampaikan kepada Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah, agar dapat bekerjasama dengan para sineas Palu, untuk dapat  memproduksi film yang dapat menjadi promosi wisata Sulawesi Tengah.

Gubernur juga mengsintruksikan kepada pihak Taman Budaya Sulawesi Tengah, melalui Dinas Pendidikan, agar dapat memfasilitasi segala kebutuhan para sineas Palu yang hendak menggunakan fasilitas di Taman Budaya.

“Saya juga bisa meminjamkan mobil display monitor, agar teman-teman bisa memutar film keliling daerah,” kata Gubernur.

Usai tatap muka, Gubernur berkenan foto bersama dengan para sineas itu. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here