Antisipasi Teror, Semua Gereja di Palu Disterilkan

0
171
Personel Gegana memeriksa setiap sudut Gereja dalam sterilisasi pmenejlang perayaan Natal di Palu, Sabtu (24/12/2016). (Foto: Opan)

PALU, beritapalu.NET | Menjelang perayaan misa Natal 25 Desember, satuan Gegana Polda Sulawesi Tengah melakukan streilisasi gereja di wilayah Kota Palu dan sekitarnya, Sabtu (24/12/2016). Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi tindakan teror terhadap perayaan hari raya keagamaan umat Kristiani.

Sebanyak satu peleton satuan Gegana Polda Sulawesi Tengah dan Polres  Palu menyisir gereja-gereja di Kota Palu.

Kapolres Palu AKBP Christ Pusung mengatakan, sejak sore dilakukan pemeriksaan di seluruh gereja. Kurang lebih 78 gereja yang berada di Palu disterilasasi oleh penjinak bom. Sterilasi itu tidak hanya dilakukan di dalam bangunan gereja tetapi juga dilakukan di luar hingga ke tempat parker.

Polresta Palu sendiri menurukan 600 personil, termasuk personil yang di BKO dari Satbrimob dan Sabhara Polda Sulteng untuk melakukan penjagaan di seluruh rumah ibadah.

Kapolres Palu juga mengimbau untuk tidak membawa tas ataupun jaket ketika akan melakukan ibadah Natal. Apabila ada jemaat yang membawa tas atau jaket, pihak pengamanan akan melakukan pemeriksaan.

Pusung juga mengimbau agar para jemaat untuk lebih efisien dalam membawa kendaraan agar lokasi parkir tidak dipenuhi oleh jemaat karena akan beresiko petugas yang melakukan pemantauan kendaraan juga lebih efisien.

Pengamanan ini diambil sebagai upaya antisipasi karena Kota Palu dan Poso juga merupakan daerah bekas konflik dan juga menjadi target dari kelompok-kelompok tertentu untuk melakukan upaya terror. (wan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here