Masih Ada Sisa Anggota DPO, Operasi Tinombala Diperpanjang

0
236
Ilustrasi Satgas Operasi Tinombala melakukan pemeriksaan kendaraan yang keluar masuk Poso. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu.NET | Operasi keamanan di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah bersandi Operasi Tinombala yang sedianya berakhir pada 3 Januari 2017 mendatang, kembali akan diperpanjang hingga April 2017.

Kepastian perpanjangan operasi yang melibatkan sektiar 3.000-an personel gabungan TNI dan Polri itu disampaikan Kapolda Sulteng yang juga Komandan Penanggungjawab Operasi Tinombala Brigjen Pol. Rudy Sufahriadi di Malpoda Sulteng, Rabu (21/12/2016) sore.

Menurut Rudy, perpanjangan tersebut bukan karena adanya insiden tertembaknya satu anggota TNI dalam Operasi Tinombala tersebut pada Selasa (20/12/2016), melainkan karena target Operasi Tinombala belum seluruhnya tercapai, yakni masih menyisakan 9 anggota Mujahidin Indonesia TImur (MIT) yang kini masih berkeliaran di hutan-hutan Poso.

Kapolda juga menyebutkan, terkait Oeprasi Tinombala tersebut, pihaknya juga sudah menyiapkan bahan evaluasi dan laporan untuk kelanjutan operasi tersebut.

Sementara itu, terkait dengan gugurnya salah seorang anggota TNI, yakni Pratu Yusuf Baharudin dari tim Nanggala 8 dalam kontak senjata di Poso, Rudy mengungkapkan bahwa itu terjadi saat tim tersebut sedang mengendus jejak anggota MIT.

Saat menyeberangi sungai di Kampung Maros, Desa Kilo, Poso Pesisir Utara, anggota Satgas tersebut tiba-tiba diberondong senjata dari atas bukit yang kemudian dibalas oleh anggota tim tersebut.

Dari kontak senjata itu, Pratu Yusuf Baharuddin terkena tembakan di dada dan gugur beberapa saat kemudian. Seorang anggota tim lainnya yakni Pratu Imam Hanafi terkena tembakan di punggung namun masih bisa diselamatkan dan kini sedang dalam perawatan intensif di RSUD Poso.

Almarhum Pratu Yusuf Baharuddin sendiri telah diberangkatkan ke kampung halamannya di Bogor pada Rabu (21/12/2016) pagi setelah sebelumnya disemayamkan dan di RS Wirabuana Palu dan dilepas melalui sebuah upacara dan kemudian diberangkatan dengan pesawat menuju Bogor. (wan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here