Setelah Dibekukan, Kini Kodam XIII/Merdeka Resmi Diaktifkan Kembali

0
141
serah terima dan alih kodal wilayah Suluttenggo dari Kodam VII/Wirabuana ke Kodam XIII/Merdeka dengan penandatanganan naskah serah terima dari Pangdam VII/Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bhakti kepada Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, Selasa (20/12/2016). (Foto: Penrem 132 Tadulako)

MANADO, beritapalu.NET | Setelah dibekukan pada 1985 lalu, kini Kodam XIII/Merdeka yang berdiri tahun 1957 beroperasi kembali di Wilayah Pulau Selebes (Sulawesi). Pengaktifan kembali Kodam XIII/Merdeka itu dilakukan oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono ditandai dengan upaca di Lapangan Upacara Markas Kodam XIII/Merdeka di Manado, Selasa (20/12/2016).

Peesmian kembali Kodam XIII itu juga ditandai dengan serah terima dan alih kodal  wilayah Suluttenggo dari Kodam VII/Wirabuana ke Kodam XIII/Merdeka dengan penandatanganan naskah serah terima dari Pangdam VII/Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bhakti kepada Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito.

Dalam amanatnya Kasad Jenderal TNI Mulyono mengucapkan syukur atas diresmikannya Kodam XIII/Merdeka sehingga tantangan tugas kedepan yang semakin berat dapat teratasi dengan pemekaran Kodam saat ini mengingat luasnya wilayah Pulau Sulawesi yang berbatasan dengan negara-negara tetangga.

“Dengan digelarnya Kodam XIII/Merdeka ini tentu menambah kelengkapan dan kekuatan gelar Angkatan Darat terkait kodam-kodam yang ada di wilayah NKRI.

Kasad mengatakan, berdasarkan wilayah strategis gelar satuan ini sangat dibutuhkan mengingat wilayah Kodam XIII/Merdeka berada di wilayah yang berbatasan dengan negara-negara lain serta banyaknya pulau-pulau kecil dan pulau terluar yang merupakan bagian dari wilayah NKRI yang memerlukan pengawasan dan pengendalian secara efektif sebagai simbol kedaulatan negara.

“Dengan gelar ini diharapkan Kodam XIII/Merdeka dibawah Pimpinan Pangdam Mayjen TNI Ganip Warsito ini dapat  menangkal segala bentuk kegiatan yang akan merugikan kedaulatan NKRI di wilayah perbatasan  serta dapat membantu mewujudkan kondusivitas wilayah-wilayah di Indonesia umumnya dan Suluttenggo khususnya, jelas Jenderal Mulyono.

Pengaktifan kembali Kodam XIII/Merdeka ini mendapat apresiasi dari Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang turut hadir pada kesempatan itu.

Menurut Gubernur Olly Dondokambey, pengaktifan kembali Kodam XIII/Merdeka sudah melalui pertimbangan yang sangat matang dari berbagai sudut serta kebutuhan pembangunan bangsa.

“Kehadiran Kodam ini akan semakin memantapkan langkah pemerintah daerah dalam upaya pencapaian visi jangka panjang daerah yaitu mewujudkan Sulut sebagai pintu gerbang di kawasan Indonesia Timur, jelas Gubernur.

Selain itu menurut Gubernur sangat disadari bahwa kehadiran Kodam yang diikuti dengan distribusi personel dan peningkatan kualitas serta kuantitas sarana dan prasana termasuk alutsista akan semakin menumbuhkan stabilitas keamanan di daerah Sulawesi Utara pada khususnya dan Wilayah Suluttenggo pada khususnya.

Gubernur berharap agar Kodam XIII/Merdeka dapat  bersinergi dan berkoordinasi dengan baik dengan pemerintah daerah Provinsi Sulut demi tercapainya pembangunan yang semakin progresif dari waktu ke waktu, jelas Gubernur.

Acara peresmian Kodam XIII/Merdeka hari ini dihadiri oleh Pangkostrad, Dankodiklat, Gubernur Sulut, Gubernur Gorontalo, Gubernur Sulteng, Forkompinda Sulut, Sesepuh TNI AD, Para Asisten Kasad, Pangkotama, Dansat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Beserta Rombongan, Para Perwira Bintara, Tamtama dan Pengawai Negeri Sipil jajaran Kodam XIII/Merdeka. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here