LKBN Antara Biro Sulteng Peringati Hari Jadi ke-79

Kepala LKBN Antara Biro Sulawesi Tengah Rolex Malaha (kiri) memotong tumpeng pada sykuran peringatan 79 Tahun ANtara di kantor LKBN Antara Biro Sulteng, Jalan Tanjung Dako Palu, Selasa (13/12/2016). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki/16)

PALU, beritapalu.NET | Pimpinan dan karyawan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Sulawesi Tengah memperingati hari jadinya yang ke-79 di kantor berita tersebut Jalan Tanjung Dako Kota Palu, Selasa (13/12/2016).

Peringatan HUT itu berlangsung sederhana dihadiri pimpinan dan karyawan Biro Sulawesi Tengah bersama karyawan dirandai dengan memanjatkan doa dan dilanjutkan dengan pemberian pesan-pesan kinerja dan kemudian pemotongan tumpeng.

Kepala Biro Antara Sulteng Rolex Malaha mengingatkan kepada karyawan, utamanya kru wartawan kantor berita tersebut untuk fokus dan memperhatikan target pemberitaan Public Service Obligation (PSO) yang menjadi kewajiban setiap wartawan.

Ia juga mengingatkan kepada wartawan untuk meningkatkan kinerja yang diikutkan dengan meningkatkan kualitas pemberitaan dari masing-masing pos peliputan yang telah di tugaskan.

“Saya harap kita semua dapat bekerja sama dengan menggenjot produksi berita yang berkualitas untuk memenuhi kuota PSO yang telah di targetkan untuk di capai setiap bulan,” ujarnya.

LKBN Antara merupakan kantor berita Indonesia yang dimiliki oleh pemerintah berdiri pada tanggal 13 Desember 1937 oleh tokoh pendiri A.M. Sipahoetar, Mr. Soemanang, Adam Malik dan Pandoe Kartawigoena, saat semangat kemerdekaan nasional digerakkan oleh para pemuda pejuang.

Pada tahun 1962, ANTARA resmi menjadi Lembaga Kantor Berita Nasional yang berada langsung di bawah Presiden Republik Indonesia. LKBN Antara merupakan kantor berita terbesar di Indonesia yang sifatnya semi pemerintah.

Tatkala Tanah Air diduduki Jepang pada 1942, Kantor Berita Antara juga dicaplok oleh rezim fasis dari Negeri Matahari Terbit itu dengan mengganti nama Antara menjadi Kantor Berita Domei. Meskipun dikuasai Jepang, perjuangan awak redaksi pribumi dalam mewujudkan Kemerdekaan RI tak pernah surut.

Alhasil, kantor berita ini bisa menyebarluaskan berita Proklamasi Kemerdekaan RI hingga ke dunia internasional. Keberhasilan Antara menyiarkan Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 ke seluruh dunia adalah wujud kecintaan dan baktinya yang besar bagi perjuangan bangsa Indonesia. (mad/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here