Giring ke Pasar Talise, Pedagang Pinggir Jalan akan Ditertibkan

Petugas Satpol PP mendataan para pedagang di pinggir jalan di kawasan kecamatan Mantikulore, Selasa (13/12/2016). (Foto: Sobirin)

PALU, beritapalu.NET | Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan menertibkan pedagang yang masih berjulan di pinggir jalan pada Rabu (14/12/2016). Penertiban itu merupakan tindak lanjut dari upaya untuk menggiring pedagang masuk ke Pasar Talise yang sudah dibangun namun masih sepi.

Penertiban itu akan langsung melakukan penindakan tegas berupa pembongkaran serta pengangkutan barang dagangan, terutama yang berada di wilayah kecamatan Mantikulore.

“Langkah ini di ambil sebagai bentuk tindak lanjut dari upaya preventif yang telah dilakukan berupa sosialisasi dan himbauan yang sebelumnya telah dilakukan kepada para pedagang,” ujar Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Rimler Simamorang, Selasa (13/12.2016).

Ia menjelaskan bahwa tidak ada lagi toleransi bagi para pedagang karena pihaknya telah memberi batas waktu hingga tanggal 10 Desember agar para pedagang masuk ke area Pasar Talise.

“Kita sudah sosialisasikan, sudah diimbau juga. Jadi kalau mereka tidak ke dalam pasar, mau tidak mau kita angkut paksa barang dagangannya,” tegasnya.

Upaya penindakan tegas sendiri dilakukan karena seluruh fasilitas penunjang pasar telah di benahi oleh pemerintah kota, sehingga Rimler mengaku tidak ada lagi alasan bagi pedagang untuk menolak berjualan di dalam area pasar.

“Listrik,air, jalan semua fasilitas penunjang pasar sudah di perbaiki. Apa lagi alasan pedagang tidak mau berjualan di Pasar Talise,” imbuhnya.

Langkah ini juga di kuatkan dengan surat keputusan Menteri Perdagangan yang menyatakan bahwa pedagang hanya di perbolehkan berjulaan di lokasi pasar yang telah di sediakan pemerintah. (sob/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here