Dongeng Damai dalam Gambar di Festival Dongeng Anak Poso 

0
228
Sejumlah anak membuat cerita bergambar dalam Festival Dongeng Anak Poso di Tentena, Poso, Jumat (25/11/2016). (Foto: Institut Mosintuwu)
Sejumlah anak membuat cerita bergambar dalam Festival Dongeng Anak Poso di Tentena, Poso, Jumat (25/11/2016). (Foto: Institut Mosintuwu)

POSO, beritapalu.NET | Sedikitnya 75 anak dari usia TK, SD hingga SMP dan SMU ikut meramaikan bercerita dalam gambar yang dilaksanakan dalam Festival Dongeng Anak Poso di Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Jumat (25/11/2016).

Festival Dongeng Anak yang diselenggarakan dalam rangka Hari Penghapusan Kemiskinan Anak dan Hari Anak Universal ini dilaksanakan oleh Project Sophia Institut Mosintuwu bekerjasama dengan Ayo Dongeng Indonesia dan didukung oleh Bintang Nutricia.

“Gambar atau foto adalah alat yang dapat mengekspresikan perasaan, pikiran dan imajinasi tanpa kata. Dengan menggambar, anak-anak diajak melatih ketajaman perasaan dan kepekaan mereka terhadap kondisi sosial di Poso terutama terkait keberagaman. Ini juga cara agar anak-anak menggambarkan harapan mereka tentang tana Poso yang damai” kata Cici Mbaresi , koordinator Project Sophia, penyelenggara Festival Dongeng Anak Poso, Jumat (25/11/2016).

(Foto: Institut Mosintuwu)
(Foto: Institut Mosintuwu)

Opi, 9 tahun, bercerita keinginannya menggambar dua sahabat dari berbeda agama saling bergandengan tangan. Gambar ini mengekspresikan keinginan untuk semua anak saling berteman tanpa membedakan agama dan suku.

Selama 3 jam waktu menggambar, gambar yang dihasilkan oleh anak-anak yang berasal dari berbagai sekolah ini luar biasa. Meskipun sebagian besar anak SD menggambar pemandangan alam sebagai latar belakang cerita, nampak kerukunan antar agama dan suku digambarkan melalui orang-orang bekerjasama atau bergandengan tangan.

Simbol keagamaan dan suku yang berbeda hidup berdampingan menjadi gambaran situasi yang mereka lihat dalam kehidupan sehari-hari atau juga harapan kehidupan di Poso.

“Hasil bercerita dalam gambar ini akan menjadi bahan kampanye harapan anak Poso melalui pameran hingga akhir tahun nantinya. Pameran anak damai Poso ini menjadi doa anak di tahun ini untuk disebarkan menjadi milik orang banyak “ tambah Cici. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here