Melawan dan akan Melarikan Diri, Pelaku Curanmor Dihadiahi Timah Panas

0
163
Ilustrasi penembakan pelaku pencurian kendaraan bermotor. (google media)
Ilustrasi penembakan pelaku pencurian kendaraan bermotor. (google media)

PALU, beritapalu.NET | Sebutir timah panas tepat mendarat di betis AW (18 tahun) setelah berusaha melawan petugas dan akan melarikan diri saat akan ditangkap karena kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), Senin (31/10/2016).

Penangkapan terhadap AW yang berdomisili di Jalan Abdul Rahman Saleh Palu itu berdasarkan laporan pencurian kendaraan pada 21/10/2016 yang terjadi di Jalan Cenderawasih Palu.

Laporan itu segera ditindaklanjuti tim Buser Polres Palu dengan melakukan penyelidikan. Informasi menyebutkan bahwa pelaku curanmor itu sering berkeliaran di wilayah Birobuli kec. Palu Selatan.

Setelah memastikan, pada Senin (31/10/2016) Tim Buser pun melakukan penyamaran dan berusaha melakukan transaksi dengan pelaku namun pelaku tidak berkenan sehingga diundur sampai pukul 20.30 wita. Setelah itu Tim buser melakukan penyelidikan terhadap keberadaan pelaku, dan upaya transaksi lainnya.

Setelah waktu yang ditentukan, pelakupun melakukan transaksi dengan anggota Sat Reskrim Polres Palu yang sedang menyamar menjadi pembeli, namun ketika anggota berniat menangkap pelaku,  pelaku berusaha melawan dan melarikan diri .

Anggota Sat Reskrim  membuang tembakan sebanyak 2 kali sebagai peringatan namun pelaku tetap berusaha untuk melarikan diri sambil memegang gunting miliknya sebagai alat yang digunakan untuk mencuri.

Anggota Pun mengarahkan tembakan kearah kaki pelaku dengan tujuan melumpuhkan pelaku, sehingga pelaku terjatuh dan berhasil diamankan oleh Anggota Sat Reskrim Polres Palu.  Pelaku segera di bawa ke RS. Bhayangkara Palu untuk mendapatkan perawatan medis.

Dalam proses penangkapan itu, sempat terjadi pergumulan dengan petugas yang mengakibatkan salah seorang anggota Tim Buser mengalami luka di tangan kiri dan lutut sebelah kiri.

Saat di interogasi pelaku mengakui bahwa telah melakukan pencurian motor sebanyak 12 kali di wilayah kota Palu.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan yakni:  1 unit Yamaha Jupiter warna biru, 1 unit Yamaha Jupiter warna hijau, 1 unit Yamaha Mio Sporty, 1 unit yanaha mio J, dan 1 unit suzuki FU warna hitam

“Sat Reskrim Polres Palu akan melakukan pemeriksaan terhadap pelaku guna proses penyidikan lebih lanjut. Pelaku harus mempertanggungjawabkan perbuatannya tersebut”, ujar Kasat Reskrim Polres Palu AKP Nasruddin.

Sementara itu, Kapolres Palu AKBP. Christ R. Pusung SIK menyampaikan terimakasihnya kepada warga yang telah berperan aktif bersama-sama dengan Kepolisian dalam memberantas pelaku-pelaku kejahatan di Kota Palu ini dengan cara memberikan informasi.

Kapolres juga mengimbau kepada seluruh masyarakat kota Palu apabila melihat ataupun mengalami suatu tindakan kejahatan agar segera dilaporkan ke Kepolisian terdekat atau ke Polres Palu. Kepolisian Resor Palu akan menindak tegas siapapun pelakunya. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here