Pemprov Sulteng Pun akan Sapu Bersih Pungli

0
146
Gubernur Sulteng, Longki Djanggola memberikan keterangan kepada wartawan terakit Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar di Palu, Jumat (28/10/20160). (Foto: bmzIMAEGS/Basri Marzuki)
Gubernur Sulteng, Longki Djanggola memberikan keterangan kepada wartawan terakit Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar di Palu, Jumat (28/10/20160). (Foto: bmzIMAEGS/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu.NET | Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menegaskan, dirinya juga akan melibas praktik Pungutan Liar (Pungli) yang terjadi di wilayah kerjanya. Penegasan itu disampaikan terkait dengan keluarnya Perpres Nomor 86 Tahun 2016 tentang Pemberantasan Pungutan Liar.

“Kita akan menindak lanjuti Perpres itu dan untuk tingkat daerah, kita juga akan membentuk Satgas Sapu Bersih (Saber) Pungli,” tandas Longki di sela-sela menghdiri perayaan HUT ke-15 Harian Umum Radar Sulteng di Graha Pena Palu, Sualwesi tengah, Jumat (28/10/2016).

Satgas Saber Pungli tingkat daerah itu kata Gubernur akan menyasar sejumlah tempat-tempat pelayanan masyarakat tak terkecuali di kabupaten-kabupaten.

Longki bahkan menyebut sejumlah temapt pelayanan masyarakat yang rawan terjadi pungli. “Misalnya untuk kewenangan pemerintah provinsi untuk wilayah yang rawan pungli itu ada di Samsat, di Perizinan Satu Pintu. Sedangkan untuk wilayah kabupaten dan kota yang rawan pungli itu di tempat pembuatan KTP dan pembuatan surat-surat kependudukan lainnya, juga di kantor-kantor camat,” sebut Longki.

Kantor-kantor itu menurut Longki sudah terpetakan, tinggal menunggu petunjuk pelaksanaan Perpres. Jika Juklak itu sudah ada, maka Pemprov akan segera beraksi.

“Saya yakin ke depan, masyarakat sudah semakin mengerti bahwa memang pungli ini adalah salah satu kegiatan yang menghambat, menghambat investasi, menghambat pembangunan dan juga merusak moral bangsa,” tandasnya. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here