Kecepatan Koneksi Internet Dunia Naik 14 Persen

0
155
Ilustrasi (http://www.redorbit.com/)
Ilustrasi (http://www.redorbit.com/)

JAKARTA, beritapalu.NET | Akamai Technologies, Inc. (NASDAQ: AKAM), pemimpin dunia untuk layanan content delivery network (CDN), merilis Laporan State of the Internet kuartal kedua 2016.

Dengan menggunakan data yang dikumpulkan dari Akamai Intelligent Platform, laporan ini memberikan gambaran tentang sejumlah statistik penting seperti kecepatan koneksi Internet, metrik adopsi broadband, berbagai gangguan penting pada jaringan Internet, IPv4 exhaustion dan implementasi IPv6.

Data dan grafik dari Laporan State of the Internet Kuartal Kedua 2016, dapat ditemukan di situs Akamai State of the Internet dan melalui aplikasi Akamai State of the Internet untuk perangkat iOS dan Android, dengan kumpulan data yang lebih kaya sehingga mudah dibandingkan, kemampuan mengamati tren industri secara lintas waktu dan negara, serta kemudahan berbagi grafik yang dibuat sendiri oleh pengguna (user-generated) ke media sosial. Berbagai diskusi terkait State of the Internet Report juga berlangsung di Akamai Community.

“Kecepatan koneksi Internet rata-rata yang terus naik adalah sebuah tren yang melegakan, seiring dengan langkah para peritel daring (online) yang bersiap menghadapi kesibukan musim belanja selama liburan,” kata David Belson, Redaktur, State of the Internet Report.

“Meski demikian, gangguan pada jaringan Internet yang baru-baru ini terjadi, disebabkan oleh banyak hal mulai dari pemadaman jaringan oleh pemerintah, sampai jaringan mati gara-gara individu yang tak diketahui identitasnya. Hal ini mengingatkan kita bahwa ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi akses dan penggunaan Internet, yang sering diterima begitu saja tanpa dipertanyakan lagi,” jelasnya.

Temuan penting dari Laporan State of the Internet Kuartal Kedua 2016 meliputi: Kecepatan Koneksi Internet Rata-rata Dunia dan Konektivitas Broadband Dunia, Kecepatan koneksi Internet rata-rata dunia turun 2,3% dari triwulan I 2016 menjadi 6,1 Mbps, mencatatkan kenaikan tahunan (year-on-year) sebesar 14 persen.

Kecepatan koneksi tertinggi Internet rata-rata dunia naik 3,7% menjadi 36,0 Mbps pada triwulan II, mencatatkan kenaikan tahunan sebesar 2,5%.

Tingkat penggunaan broadband 10 Mbps dunia tumbuh 0,7% dibanding periode yang sama kuartal lalu, namun tingkat penggunaan broadband 15 Mbps dan 25 Mbps dunia turun masing-masing 0,8% dan 2,1%.

IPv4 dan IPv6

Ada 800 juta lebih alamat unik IPv4 yang terhubung ke Akamai Intelligent Platform, 1% lebih rendah dari triwulan I 2016.

Belgia menjadi pemimpin dunia dalam hal penggunaan IPv6 dengan 38% koneksinya ke Akamai terjadi melalui IPv6, naik 5,1% dari triwulan sebelumnya.

Operator kabel dan wireless/seluler mencatat volume terbesar untuk permintaan IPv6, dengan Verizon Wireless, T-Mobile dan Sky Broadband memuncaki peringkat masing-masing dengan 74%, 61% dan 56% permintaan ke Akamai yang dilakukan melalui IPv6 di kawasan mereka.

Seluler

Kecepatan koneksi Internet seluler rata-rata berkisar dari setinggi 23,1 Mbps di Inggris Raya sampai serendah 2,2 Mbps di Venezuela. (PR Newswire)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here