IAIN Palu Kerjasama Pertukaran Mahasiswa dengan USI Malaysia

0
188
Delegasi IAIN Palu saat diterima pimpinan USI Malaysia belum lama ini. (Foto: Humas IAIN Palu).
Delegasi IAIN Palu saat diterima pimpinan USI Malaysia belum lama ini. (Foto: Humas IAIN Palu).

PALU, beritapalu.NET | Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, menjalin kerjasama dengan Universitas Sains Malaysia (USI) untuk pertukaran mahasiswa antar dua perguruan tinggi Islam tersebut.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Palu, Dr. Muhtadin Dg Mustafa menyatakan, USI Malaysia lewat  Prof. Dr. Zulkiple Abd Gani selaku Deputi Vice Chancellor Academic dan International USI Malaysia, bersedia untuk menerima dan mengirim mahasiswanya untuk menimba ilmu di IAIN Palu.

“Kami telah membangun kerjasama dengan perguruan tinggi Islam tersebut di Malaysia, dan mereka bersedia untuk mengirim mahasiswa dan menerima mahasiswa IAIN Palu untuk belajar di perguruan tinggi itu,” ungkap Dr. Muhtadin Dg Mustafa, Rabu (12/10/2016).

Menurutnya, IAIN Palu tidak hanya bekerjasama di bidang pertukaran mahasiswa, tetapi juga pertukaran dosen untuk peningkatan sumber daya manusia, mempercepat visi Rektor IAIN Palu menjadikan kampus tersebut sebagai pusat study Islam klasik.

Ia menyebut perguruan tinggi Islam ternama di Malaysia itu bersedia untuk mengirim beberapa dosennya mengajar mahasiswa tingkat strata satu dan strata dua selama beberapa tahun.

Tidak sebatas itu, IAIN Palu turut serta membangun kerjasama dalam bidang Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bersama yang digodok dua perguruan tinggi tersebut.

Ia menjelaskan dua perguruan tinggi tersebut akan memadukan konsep dalam pelaksanaan PPL dan KKN yang melibatkan mahasiswa kedua perguruan tinggi itu, agar lebih menambah pengalaman dan memaksimalkan potensi mahasiswa.

“Ke depan PPL dan KKN akan dilaksanakan secara bersama yang melibatkan mahasiswa USI Malaysia serta mahasiswa IAIN Palu untuk bersama-sama berada di lokasi,” urainya. (mad/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here